Connect with us

pemilu 2019

Ketua KPU RI Imbau Masyarakat Hormati Hasil Pemilu

Published

on

Ketua Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) Arief Budiman.

Geosiar.com, Jakarta – Ketua Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) Arief Budiman, mengimbau kepada seluruh elemen masyarakat Indonesia untuk menghormati keputusan hasil pemilihan umum (Pemilu) 2019.

Arief mengatakan, penetapan hasil Pemilu 2019 yang berbarengan dengan bulan puasa Ramadhan merupakan kemenangan bersama bagi masyarakat Indonesia.

“Pemilu 2019 sudah dilaksanakan. Puasa Ramadhan sudah ditunaikan. Jadi mari sama-sama raih kemenangan untuk semua. Jadi sebetulnya ini kemenangan bersama,” tutur Arief kepada awak media saat ditemui di kantor KPU RI, Jumat (31/5/2019).

Siapapun kandidat capres-cawapres yang terpilih, kata Arief, akan menjadi pemimpin rakyat untuk lima tahun ke depan.

“Siapapun yang terpilih, mereka adalah pemimpin kita. Mau 01, mau 02, mau partai nomor 1, 2, 3, sampai 20. Siapapun yang terpilih, suka tidak suka, mereka yang akan memimpin untuk lima tahun ke depan baik di eksekutif, legislatif, parlemen tingkat pusat, provinsi, di kabupaten/kota. Mereka yang akan memimpin lima tahun ke depan,” tegas Arief.

Oleh karena itu, Arief meminta kepada seluruh masyarakat supaya tetap menjaga keutuhan dan kesatuan bangsa meskipun kandidat yang menang belum sesuai dengan harapannya.

“Iya, mari sama-sama menjaga supaya lima tahun ke depan cita-cita bangsa ini bisa dicapai,” tandasnya.

Seperti diketahui, KPU telah menetapkan kandidat Pilpres 2019 terpilih berdasarkan hasil rekapitulasi penghitungan suara tingkat nasional di 34 provinsi dan PPLN pada Selasa (21/5/2019) dini hari lalu.

Hasilnya, pasangan nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin menang atas penantangnya paslon 02 Prabowo Subianto-Sandiaga S Uno. Pasangan Jokowi-Ma’ruf meraih 85.607.362 suara atau 55,50 persen dari total suara sah nasional.

Sementara, pasangan Prabowo-Sandi mendapat 68.650.239 suara atau 44,50 persen dari total suara sah nasional. Selisih kedua pasangan sebanyak 16.957.123 suara.