Connect with us

Sumut

Polres Tebing Tinggi Gelar Pelatihan Pra Operasi Ketupat Toba 2019

Published

on

Wakapolres, Kabag Ops, Kasat Lantas dan Kasat Intel saat Gelaran pelatihan pra Ops Ketupat Toba 2019, Senin (27/5/2019) (Foto: geosiar.com/WH)

Geosiar.com, Tebing Tinggi – Dalam rangka pengamanan ketertiban pada Hari Raya Idul Fitri 1440 H, Polres Tebing Tinggi melaksanakan giat pelatihan Pra Operasi Ketupat Toba 2019 di Aula Kamtibmas Polres Tebing Tinggi, Senin (27/5/2019) pukul 11.30 WIB.

Kegiatan ini mengangkat tema “Melalui Pelatihan Pra Operasi Kepolisian Terpusat, Kita Tingkatkan Profesionalisme Polri dalam Rangka Pengamanan Idul Fitri 1440 H Guna Mewujudkan Situasi yang Aman, Tertib dan Lancar di Wilayah Hukum Polres Tebing Tinggi”.

Kegiatan itu dihadiri oleh Kasat Intelkam, AKP Najaruddin, Kasat Narkoba , AKP Manson Nainggolan, Kasat Sabhara, AKP Cahyadi, Kasat Binmas, AKP Adjie Makno, Kabag Ren, Kompol SP Sihotang, Kabag Sumda, Kompol Ismui, Kasat Lantas, AKP Enda Tarigan, Kasiwas Polres, Iptu T Pandiangan, para Kapolsek Jajaran Polres Tebing Tinggi, serta personel Polres Tebing Tinggi.

Kabag Ops Polres Tebing Tinggi AKP, Abdul Jalil menyampaikan, Operasi Ketupat Toba 2019 akan dimulai pada 29 Mei 2019 hingga 10 Juni 2019. Sementara itu, pada Selasa (28/5/2019) akan dilaksanakan Gelar Pasukan Ops Ketupat Toba 2019 di Polres Tebing Tinggi. 

Satgas Polres Tebing Tinggi ini didukung oleh TNI, Kementrian Lembaga Pemda dan Mitra Kamtibmas. 

Dalam pelaksanaan Ops Ketupat Toba 2019,  Polres Tebing Tinggi akan menyediakan pos pengamanan pada sejumlah titik, yakni Pos Pam Gerbang Tol Tebing Tinggi, Pos Pam Desa Binjai, Pos Pam Pabatu Kabupaten Sergai, Pos Yan di Stasiun PT KAI Tebing Tinggi, serta Pos Yan Ancol di Desa Buluh Duri, Kecamatan Sipispis.

“Kami juga berharap agar personel Bhabinkamtibmas memberikan imbauan-imbauan kepada masyarakat kota Tebing Tinggi yang akan mudik agar sebelum melaksanakan mudik memastikan bahwa listik sudah dalam keadaan padam dan keadaan rumah sudah benar-benar dengan kondisi terkunci guna menghindari adanya tindak pidana pencurian selama pelaksanaan libur bersama.” ucap Kabag Ops, Abdul Jalil.

Lebih lanjut Abdul mengharapkan agar seluruh personel dapat melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab.

“Kepada personel Polres Tebing Tinggi yang sudah di-sprint dalam melaksanakan pengamanan di Pos Pam maupun Pos Yan agar melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab, serta diharapkan mampu menghindari pelanggaran dan tetap menjaga nama baik institusi Polri,” sambung Abdul.

Hal senada juga disampaikan oleh Kasat Intelkam, AKP N SIREGAR. Dia mengharapkan agar setiap personel bisa melaksanakan Operasi Ketupat Toba 2019 dengan serius.

“Jangan melakukan pengamanan dengan anggap enteng dan tidak serius. Saling mengingatkan agar kita bersama-sama melakukan pengamanan pada Salat Id. Pada setiap Pos Pam, nantinya akan ditempatkan satu personel Intelkam untuk melakukan Buddy System terhadap personel yang berpakaian Dinas,” paparnya AKP N Siregar.

Dalam kesempatan itu, Kasat Intelkam, AKP Najaruddin mengingatkan para personel polisi agar lebih meningkatkan antisipasi terhadap kawasan wisata guna mencegah terjadinya kejahatan 3C yakni curas, curat, dan curanmor, serta kemungkinan terorisme.

“Menjelang lebaran tingkat kejahatan 3C (curas, curat dan curanmor) akan meningkat, mari kita sama-sama pasang mata dan jaringan untuk mengantisipasinya. Untuk daerah wisata yang akan dikunjungi masyarakat, diharapkan kepada personel yang melakukan pengamanan agar benar-benar mengawasi untuk mencegah terjadinya 3C. Sampai saat ini, kami masih melakukan komunikasi dengan jaringan eks teroris yang tinggal di Penggalangan, maka dari itu kepada seluruh personel tetaplah waspada pada saat melakukan pengamanan di Pos Pam maupun Pos Yan.” pungkas Kasat Intel.

Selanjutnya, Kasat Lantas, AKP Enda Iskandar Tarigan turut menyampaikan bahwa Pos Pam Operasi Ketupat Toba 2019 untuk Jalan Tol, nantinya akan berada dipinggir Jalinsum (Jalan Lintas Sumatera) KM 72/73. 

“Bagi personel yang melaksanakan pengamanan di Pos Pam akan diberikan masker. Sesuai dengan arahan Bapak Kapolda Sumut, agar personil yang melaksanakan pengamanan Pos Pam tidak menggunakan handphone pada saat melaksanakan tugas,” tegas Enda.

Begitu pula dengan Kasi Propam Ipda Ridwan. Dia meminta kepada para personel yang berjaga di Pos Pam agar bekerja tepat waktu dan tetap waspada. 

“Personel Pos Pam lebih aktif melakukan pengaturan arus lalu lintas, apabila mengetahui adanya kemacetan di seputaran Pos Pengamanan, agar segera memberikan keterangan yang benar. Personel diminta tidak ada yang terlambat dan tidak ada melakukan pelanggaran sekecil apapun, baik pelanggaran disiplin maupun kode etik. Kemudian tetap perhatikan penampilan dan kerapian dinas, mari jaga benar-benar sikap kita pada saat pelaksanaan pengamanan,” tegas Ridwan.

Sebelum kegiatan berakhir, Wakapolres Tebing Tinggi, Kompol R Manurung turut memberi arahan dan penegasan kepada seluruh personel yang bertugas di setiap Pos Pengamanan. Dia meminta agar setiap personel mengetahui jadwal tugasnya. Sehingga, operasi pengamanan lalu lintas dapat terealisasi dengan baik selama mudik lebaran.

“Jangan ada personel yang sudah ditempatkan di Pos Pengamanan namun kenyataannya tidak hadir dengan alasan izin maupun sakit. Para pejabat yang sudah ditunjuk maupun para pengendalinya harus benar-benar melakukan pengecekan terhadap personelnya. Kapolsek juga dapat membantu perlengkapan kesiapan Pos Pengamanan, buat dengan baik dan berikan hiasan untuk menyambut Idul Fitri. Hal terpenting lagi dimana hingga saat ini situasi belum kondusif, jadi seluruh personel yang melaksanakan pengamanan baik di Pos Pam, Pos Yan dan Pos Penjagaan Mako Polres harus tetap waspada,” tegas Wakapolres.

Tak lupa, Wakapolres pun meminta kepada semua jajaran yang akan bertugas agar dapat menampilkan performa yang baik supaya pelaksanaan Operasi Ketupat Toba 2019 dapat berjalan dengan aman dan lancar serta Kondusif. (WH)