Connect with us

Nasional

Luhut: Jokowi Siap Bertemu Prabowo, Masalahnya Ada di Prabowo

Published

on

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan. (Foto: dok. Istimewa)

Geosiar.com, Jakarta – Luhut Binsar Panjaitan menyatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dari awal sudah siap untuk bertemu dengan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto. Namun, permasalahannya terletak pada Prabowo sendiri.

“Kalau Pak Jokowi kan sudah beri tahu kepada siapa saja beliau siap bertemu, enggak ada masalah. Ya bolanya ada di sana,” ucap Luhut setelah bertemu Jokowi di Kompleks Istana Presiden, Jakarta, Senin (27/5/2019).

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman itu mengakui, rencana pertemuan antara kedua kandidat Pilpres 2019 itu akan berlangsung tanpa ada kendala. Sebab, Luhut mengatakan. baik Jokowi maupun Prabowo, tengah menjalin komunikasi guna memastikan waktu dan tempat pertemuan.

“Kan sudah ada komunikasi, Pak JK [Jusuf Kalla] sudah jalan,” imbuh Luhut.

Luhut sendiri mengaku bahwa dirinya masih tetap menjalin komunikasi dengan mantan rekan militer-nya itu. Seperti diketahui, Luhut turut berpartisipasi dalam mengupayakan pertemuan antara Prabowo dengan Jokowi agar segera terealisasi. Sebab, Jokowi dan Prabowo adalah temannya.

“Ya, ya, kan teman-teman saya juga semuanya,” sambungnya.

Kendati demikian, Luhut mengaku enggan untuk membuka komunikasi dengan Prabowo. Padahal, dia pernah diminta Jokowi untuk membuka komunikasi dengan Prabowo usai pencoblosan 17 April lalu. Namun, pertemuan itu batal karena Ketua Umum Gerindra itu sedang sakit.

Rencana pertemuan antara Jokowi dan Prabowo memang terlihat banyak mengalami kendala. Jokowi kerap meminta sejumlah elitenya untuk bertemu dengan Prabowo guna memastikan kemungkinan jadwal pertemuan antara keduanya segera terealisasi. Namun, hingga kini masih menggantung.

Terakhir, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) adalah orang yang telah bertemu dengan Prabowo. JK bertemu Prabowo pada Kamis (23/5/2019) lalu. Pertemuan itu disebut-sebut berdasarkan inisiatif Jokowi dan JK.

Akan tetapi, pertemuan tersebut pun tidak membuahkan jadwa pasti kapan perjumpaan Jokowi dan Prabowo dilakukan. Bahkan, Jokowi sendiri belum mengetahui kapan pertemuan dengan Prabowo dapat terealisasi.

Jokowi sendiri mengharapkan agar pertemuan dengan Prabowo bisa segera terealisasi. Sebab, menurut mantan Wali Kota Solo itu, pertemuan dengan Prabowo dapat mendinginkan suasana usai Pilpres 2019.

“Saya kira paling penting itu. Kalau elitenya rukun, baik-baik saja, di bawah akan dingin, akan sejuk,” kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (24/5/2019) lalu.