Connect with us

Teknologi

Hore! Medsos Kini Berfungsi Normal

Published

on

Ilustrasi media sosial

Geosiar.com, Teknologi – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) kembali membuka akses media sosial yang sempat dibatasi guna mencegah penyebaran berita bohong (hoax) pasca pemilihan umum (Pemilu) 2019.

Hal ini disampaikan oleh Menkominfo Rudiantara dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (25/5/2019). Rudiantara mengimbau agar masyarakat pengguna media sosial turut menjaga media sosial dari penyebaran informasi hoax atau kabar bohong.

“Saya mengajak semua masyarakat pengguna media sosial, instant messaging, maupun video file sharing untuk senantiasa menjaga dunia maya Indonesia. Digunakan untuk hal-hal yang positif,” tulis Rudiantara dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (25/5/2019).

Selain itu, Rudiantara meminta masyarakat untuk mengadukan jika ada temuan dugaan informasi berita bohong ke aduankonten.id atau akun twitter @aduankonten.

Tak hanya itu, Kominfo juga mengatakan agar masyarakat yang memasang aplikasi virtual private network (VPN) segara menghapus pemasangan (uninstall). Sebab, aplikasi VPN dinilai tidak aman (secure).

“Aplikasi VPN agar segera di-uninstall karena tidak secure,” papar Rudiantara.

Kominfo telah membuka akses media sosial pada hari ini, Sabtu (25/5) pukul 13.00 WIB. Pembukaan ini dilakukan karena situasi pasca-kerusuhan pemilu sudah mulai kondusif.

“Situasi pasca-kerusuhan sudah kondusif sehingga pembatasan akses fitur video dan gambar pada media sosial dan instant messaging difungsikan kembali,” tandas Rudiantara.