Connect with us

Nasional

Wiranto Apresiasi Imbauan Prabowo Soal Setop Aksi Demo

Published

on

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto.

Geosiar.com, Jakarta – Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto mengimbau kepada pendukungnya agar tidak melanjutkan aksi demonstrasi di jalanan untuk menuntut kecurangan hasil pemilihan umum (Pemilu) 2019.

Hal itu disampaikannya saat menjenguk sejumlah pendukungnya yang menjadi korban aksi 22 Mei di kawasan Cut Meutia, Gondangdia, Jakarta Pusat, Rabu (22/5/2019) malam.

Atas imbauan itu, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto mengapresiasi seruan Prabowo tersebut.

Kendati demikian, Wiranto mengatakan, apabila para pendukung kubu 02 kembali menggelar aksi dan membuat kerusuhan lagi, maka Prabowo dinilai akan menjadi orang yang paling bertanggung jawab.

“Kita lihat nanti kalau seandainya masih ada niatan dari para pendukungnya, pengikutnya, untuk melakukan aksi-aksi yang anarkis, seperti yang terjadi kemarin itu, yang paling bertanggung jawab untuk menghentikan itu hanya sang pemimpin, Pak Prabowo sendiri,” kata Wiranto saat berbincang menjelang sahur di kediamannya, Jumat (24/5/2019). Percakapan itu terekam dalam video milik Tim Media Menko Polhukam dilansir dari CNNIndonesia.

Wiranto mengaku sangat menghormati sikap Prabowo yang telah berupaya mengajak pendukungnya untuk bertindak anarkis saat menggelar unjuk rasa dan menghentikan aksi damai untuk sementara waktu.

“Kalau itu dilaksanakan, saya hormat betul kepada beliau,” ungkap Wiranto.

Sikap Prabowo itu, kata Wiranto, juga mendapatkan apresiasi dari mantan Presiden ke-6 Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono.

“Pak SBY juga memberikan apresiasi itu,” imbuhnya.

PAda akhir percakapannya, Wiranto mengharapkan agar pendukung, pengikut, serta relawaan kubu 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dapat mengikuti instruksi dari pemimpinnya.