Connect with us

Lifestyle

Pemilik Kulit Berminyak Wajib Hindari 5 Produk Ini

Published

on

Ilustrasi pemilik kulit berminyak dan berjerawat

Geosiar.com, Lifestyle – Memiliki kulit wajah berminyak seringkali dianggap sebagai ‘musibah’ bagi seseorang khususnya kaum ladies. Bagaimana tidak, kulit wajah yang berminyak akan membuat make-up mudah luntur dan wajah terlihat mengilap.

Meski pun disebut-sebut dapat membuat kulit awet muda, namun jenis kulit ini sangat rentan membentuk komedo dan jerawat.

Merawat kulit berminyak memang bisa jadi sedikit tricky karena membutuhkan produk perawatan yang tepat. Tahu kah kamu, bukan saja karena produk, kebiasaan di bawah ini juga bisa jadi penyebab mengapa kulit berminyak. Coba simak yuk!

Dilansir dari Boldsky, Berikut ini 5 hal yang wajib dihindari oleh si pemilik kulit berminyak.

Mencuci Wajah Terlalu Sering

Jika kamu berpikir mencuci wajah sesering mungkin bisa menghilangkan minyak di wajah, maka itu salah. Mencuci wajah terlalu sering hanya akan membuat kulit menjadi kering. Saat kulit kering, kulit akan memproduksi minyak alami agar wajah tetap lembap. Hal inilah yang akhirnya membuat wajah jadi semakin berminyak.

Tidak Memakai Pelembap

Kulit berminyak tetap membutuhkan pelembap. Meski kulit berminyak bukan berarti tak butuh pelembap. Justru, kulit harus tetap terhidrasi agar tetap lembap. Kulit yang tidak terhidrasi akan memicu produksi sebum yang mengakibatkan produksi minyak semakin banyak!

Tipsnya, pilihlah pelembap berbahan dasar air serta yang memiliki label oil-free dan non-comedogenic.

Jangan Gunakan Produk Berbahan Oil Based

Kamu harus lebih cermat dalam memilih jenis kosmetik yang digunakan. Kosmetik dengan bahan dasar minyak bisa membuat kulit sangat berkilau dan tampak lengket. Lebih baik gunakan yang powder based. Tips, pilihlah foundation, bedak, dan produk make-up lainnya yang memiliki label oil-free yang cocok untuk kulit berminyak.

Eksfoliasi Kulit

Jangan terlalu sering, tapi kamu harus mengeksfoliasi kulit berminyak-mu. Eksfoliasi penting untuk menghilangkan minyak berlebih, sel kulit mati, dan kotoran yang mengendap di lapisan dalam kulit. Pemilik kulit berminyak tak boleh melewatkannya kalau tak mau pori-pori tersumbat dan mengakibatkan breakout.

Jangan Konsumsi Junk Food dan Berminyak

Pernah dengar kalimat ‘You are what you you eat!’ Nah, Jika kamu terlalu sering mengonsumsi makanan berminyak yang digoreng serta junk food, jangan heran jika kulitmu semakin berminyak.

Kamu harus mengimbangi asupan gizi dengan mengonsumsi buah dan sayur serta minum air putih minimal delapan gelas per hari. Walau sederhana, tapi itu sangat berefek untuk kesehatan kulit loh.