Connect with us

Sumut

Inalum Klaim Gedung Kantor Baru Bakal Ramah Lingkungan

Published

on

Desain Gedung perkantoran PT INALUM (Foto: Dok. Inalum)

Geosiar.com, Kuala Tanjung – Induk Holding BUMN Pertambangan yakni PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) merencanakan pembangunan gedung kantor modern berbasis ramah lingkungan.

Pembangunan gedung kantor itu berada di Kuala Tanjung, Kabupaten Batubara, Provinsi Sumatera Utara yang berepresentatif di kawasan lapangan bola A-Camp Kuala Tanjung.

Berdasarkan informasi dari Deputi Sekretaris Perusahaan Inalum, Mahyaruddin Ende, gedung perkantoran akan dibangun di atas lahan 32.353 meter persegi dengan total luas area 2,37 hektare. Rencananya, gedung tersebut akan dibangun menjadi 8 lantai dengan 1 unit ballroom.

“Gedung ini ditargetkan mampu menampung 1.000 orang karyawan,” papar Mahyaruddin dilansir dari Antara, Kamis (23/5/2019).

Mahyaruddin mengklaim, bangunan tersebut akan berkonsep ramah lingkungan dengan memanfaatkan se-efisien mungkin penggunaan sumber daya alam.

“Pada prinsipnya konsep bangunan tersebut adalah memanfaatkan seefisien mungkin pemakaian sumber daya air, energi listrik, penyelarasan bangunan dengan alam dan lingkungan hijau sekitarnya,” lanjut Mahyaruddin.

Senada, Manager Proyek Pembangunan Gedung Inalum, Ari Suryo Purnomo mengatakan, gedung Inalum dirancang dengan konsep “Green and Smart Building”. Selain itu, akan menampilkan unsur-unsur budaya dan kearifan lokal dalam arsitekturnya.

Konsep “Green and Smart Building” secara teknis akan memaksimalkan penggunaan sumber daya alam, seperti memanfaatkan aliran udara alami untuk sirkulasi udara dalam area prefunction.

“Pemakaian penerangan alami cahaya matahari, pemanfaatan air hujan untuk menyiram tanaman penghijauan dan flushing, pembuatan sumur resapan, taman-taman horisontal dan vertikal. Kemudian, pemakaian AC dengan teknologi terkini yang hemat listrik (VRV/Variable Refrigerant Volume), pemakaian solar cell, pemakaian kaca khusus dan panel aluminium extrude sebagai kisi-kisi paling luar penahan panas matahari,” papar Wakil Project Manager, Aprili Gunawan.

Tak hanya itu, Inalum juga berencana akan mengembangkan kawasan lain di sekitar Kuala Tanjung (kawasan B-Camp, kawasan Tanjung Gading) dengan membangun hotel, pusat perbelanjaan, sekolah, politeknik, perumahan dan lain-lain sebagai bagian dari pengembangan bisnisnya. Inalum ingin menjadi ikon baru di Kuala Tanjung.