Connect with us

Olahraga

FIFA: Piala Dunia Qatar 2022 Masih Diikuti 32 Tim

Published

on

Ilustrasi: Trofi Piala Dunia

Geosiar.com, Olahraga – Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) memastikan tidak akan menambah jumlah kontestan pada Piala Dunia 2022 di Qatar. Pernyataan itu secara resmi disampaikan oleh FIFA pada Kamis (23/5/2019) melalui situs resminya.

Seperti diketahui, FIFA sempat ingin menambah jumlah kontestan menjadi 48 negara peserta dari sebelumnya berjumlah 32 negara. Namun, niat itu diurungkan mengingat penyelenggaraan Piala Dunia 2019 hanya menyisakan waktu 3 tahun lagi.

FIFA beserta panitia penyelenggara Piala Dunia 2022 mengaku tidak cukup waktu untuk melakukan studi tentang dampak logistik dari kompetisi yang diikuti 48 tim. Sebab, sejak tahun 2010 Qatar hanya mempersiapkan turnamen untuk diikuti 32 tim dengan delapan stadion.

Sebenarnya, panitia sudah pernah melakukan Studi kelayakan dengan melibatkan 48 tim, namun tidak ada solusi yang ditemukan.

“FIFA dan Qatar telah bersama-sama mengeksplorasi semua kemungkinan untuk meningkatkan jumlah tim peserta dari 32 menjadi 48 tim dengan melibatkan negara-negara tetangga. Setelah proses konsultasi yang menyeluruh dan komprehensif, disimpulkan bahwa dalam keadaan saat ini hal tersebut tidak bisa dibuat sekarang,” demikian pernyataan FIFA.

FIFA memastikan akan mengikutsertakan 48 negara untuk pertama kalinya pada penyelenggaraan Piala Dunia 2026 di Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko.