Connect with us

Nasional

Aksi 22 Mei, Polisi: 257 Tersangka, 4 Orang Positif Narkoba

Published

on

Massa aksi saat terjadi bentrokan di kawasan Tanah Abang, Jakarta, Rabu (22/5/2019). (Foto: Liputan6.com)

Geosiar.com, Jakarta – Sebanyak 257 orang sudah ditetapkan sebagai tersangka pelaku kerusuhan aksi demonstrasi pada Selasa, 22 Mei 2019 malam hingga Rabu, 22 Mei 2019 pagi.

Status tersangka ke-257 demonstran itu ditetapkan oleh Polda Metro Jaya. Berdasarkan hasil pemeriksaan, empat di antaranya terbukti positif menggunakan narkoba.

Hal itu disampaikan oleh Kadiv Humas Polri, Irjen Pol M Iqbal saat konferensi pers di Kantor Kemenkopolhukam pada Kamis (23/5/2019).

“Yang diamankan oleh Polda Metro Jaya, 257 itu tatonya banyak itu, terus ada beberapa orang 4 orang positif narkoba,” papar Iqbal.

Polda Metro menduga, kerusuhan terjadi karena adanya hasutan dari sekelompok oknum yang memang menginginkan terjadi kerusuhan dalam aksi damai tersebut.

“Banyaknya kelompok-kelompok yang menunggangi kelompok ini,” imbuh Iqbal.

Penangkapan dilakukan pada tiga lokasi berbeda yakni di Bawaslu, Petamburan, dan Gambir, namun perusuh terbanyak diamankan dari daerah Petamburan.

“Dari tiga TKP tersebut, setelah kita lakukan penangkapan terhadap sekelompok masa yang rusuh. Ada 257 tersangka yang membuat kerusuhan. Di Bawaslu ada 72 tersangka, di Petamburan 156 tersangka, di Gambir 29 tersangka. Keseluruhan 257 tersangka,” paparnya.

Untuk itu, Iqbal mengharapkan agar masyarakat berhenti melakukan protes di jalanan guna menghindari timbulnya kerusuhan kembali.

Beberapa tersangka perusuh aksi 22 Mei saat konferensi pers di Polda Metro Jaya. (Foto: Kumparan)