Connect with us

Nasional

Prabowo Dilaporkan Kasus Makar, BPN Kaji SPDP

Published

on

Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto.

Geosiar.com, Jakarta – Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto dilaporkan terkait dugaan mendukung makar bersama Eggi Sudjana. Pelapor bernama DR Supriyanto S.H, MH, M, Kn menggugat Prabowo ke Bareskrim Polri dengan nomor LP/B/0391/IV/2019/Bareskrim, tertanggal 19 April 2019.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Divisi Advokasi Hukum BPN Suami Dasco Ahmad. Dasco mengatakan, berdasarkan Surat Perintah Dimulainya Penyidikan (SPDP) terhadap Prabowo dengan tersangka Eggi Sudjana, status Prabowo masih sebagai terlapor.

“Pak Prabowo memang turut dijadikan terlapor oleh pelapor, tapi status Pak Prabowo bukan tersangka bahkan juga bukan saksi,” tutur Suami Dasco Ahmad, Selasa (21/5/2019).

Senada, Juru bicara BPN, Andre Rosiade menyebut, BPN menerima SPDP tersebut pukul 01.30 WIB dini hari tadi. SPDP itu sedang dikaji oleh pihak hukum BPN.

“Dengan status beliau sebagai paslon. Jadi surat SPDP ini lagi kami kaji dan tentu direktur advokasi dan hukum BPN akan segera berkonsultasi dengan pihak kepolisian,” papar Andre.

Atas laporan itu, Prabowo diduga melanggar pasal 107 KUHP dan atau pasal 110 junto pasal 87 dan atau pasal 14 ayat (1) dan ayat (2) dan atau pasal 15 Undang-Undang Nomor 1/1946 tentang tindak pidana kejahatan terhadap keamanan negara/makar dan atau atau menyiarkan suatu berita atau mengeluarkan pemberitahuan yang dapat menimbulkan keonaran di masyarakat, dan atau menyiarkan kabar yang tidak pasti atau kabar yang berlebihan atau tidak lengkap.