Connect with us

Politik

KPK Periksa Menteri Ignasius Jonan Kasus Sofyan Basir

Published

on

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Ignasius Jonan

Geosiar.com, Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan terhadap Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Ignasius Jonan mengenai kasus korusi PLTU Riau-1, hari ini (20/5/2019).

“Yang bersangkutan akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka SFB (Sofyan Basir),” jelas juru bicara KPK Febri Diansyah melalui keterangan tertulis, Senin (20/5/2019).

Tak hanya memeriksa Jonan, KPK berencana akan melakukan pemeriksaan terhadap Direktur Pengadaan Strategis 2 PT PLN, Supangkat Iwan Santoso dan General Manager PT PLN Wilayah Riau dan Kepulauan Riau, Doddy B. Pangaribuan untuk kasus tersangka yang sama, Sofyan Basir.

Sofyan yang menjabat sebagai Direktur Utama PT PLN nonaktif itu telah ditetapkan tersangka oleh KPK pada 23 April 2019 lalu sebagai tindak lanjut pengembangan kasus korupsi tersebut.

Dalam kasus PLTU Riau-1, KPK menyangka Sofyan menerima janji suap yang sama dengan politikus Partai Golkar, Eni Maulani Saragih, yang saat itu menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi VII DPR, dari pemilik saham Blackgold Natural Resources Ltd, Johannes Budisutrisno Kotjo.

Febri mengungkapkan bahwa kementerian yang dipimpin Jonan mempunyai peran dalam persiapan proyek pembangkit listrik tenaga batubara tersebut. Hal tersebut yang menjadi alasan KPK perlu memeriksa Jonan.