Connect with us

Politik

Komisi II DPRD Medan Minta Pemko Segerakan Pendistribusian Kartu PBI BPJS

Published

on

Medan, Panji Demokrasi – Ketua Komisi II DPRD Medan HT Bahrumsyah kembali desak Pemko Medan mengaku segerakan pendistribusian PBI BPJS bagi warga Medan. Sebab, saat ini warga resah karena tidak memiliki kartu berobat gratis.

“Kita tetap tetap fokus memperjuangkan agar disegerakan pendistribusian PBI BPJS untuk warga Kota Medan. Karena
sudah ada kuota penambahan 80 ribu warga, itu tetap kita perjuangkan,” ujar Bahrumsyah (foto) kepada wartawan kemarin menyikapi belum tersalurnya kartu BPJS hingga saat ini.

Politisi PAN ini mengaku heran, apa penyebab Pemko Medan melalui Dinas Kesehatan belum mendistribusikan 12 ribu kartu PBI BPJS. “Mungkin karena Dinkes ingin Dinas Sosial terlebih dulu melakukan verifikasi berkas. Ini yang perlu kita tahu, jangan sampai rakyat kesusahan,” tandas Bahrumsyah.

Dikatakan Bahrumsya, pihaknya menilai kendati tidak seluruh warga Medan tergolong miskin namun sangat banyak yang tidak mampu membayar mahal jika berobat di rumah sakit.

“Yang pasti banyak warga Medan yang layak menerima. Terutama mereka yang tidak mampu, termasuk warga yang dulunya menjadi peserta BPJS mandiri kemudian tak sanggup lagi membayar iuran. Berarti mereka itu kan tidak mampu, jadi layak mendapat PBI,” ujar Bahrumsyah.

Lanjutnya lagi, warga semakin resah lantaran adanya wacana Pemko Medan membatalkan distribusi kartu PBI BPJS. Menurut Bahrumsyah, kebijakan Pemko yang akan membatalkan distribusi kartu BPJS itu melanggar aturan.

Karena bukan saja Pemko dan DPRD mengesahkan anggarannya, tapi juga kartunya telah dicetak dan tinggal pendistribusian saja. “Artinya nama-nama warga penerima BPJS PBI sudah ada,” sebutnya.

Ditambakan, menindaklanjuti persoalan PBI BPJS, Komisi II DPRD Medan akan kembali memanggil Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial. (lamru)