Connect with us

Olahraga

Shuttlecock Khusus untuk Bulu Tangkis Outdoor: AirShuttle

Published

on

AirShuttle di permainan AirBadminton. (Foto: Dok. BWF)

Geosiar.com, Olahraga – Badminton World Federation (BWF) atau Federasi Bulutangkis Dunia meresmikan permainan baru dari olahraga bulu tangkis yakni AirBadminton.

Sederhananya, Airbadminton merupakan cabang olahraga bulu tangkis dengan melakukan pertandingan secara outdoor atau di luar ruangan.

Selain bermain di luar ruangan, Airbadminton juga menggunakan jenis bola atau Shuttlecock khusus yang dirancang untuk permainan outdoor. Jadi, pemain tidak perlu khawatir dengan kondisi cuaca, khususnya angin saat bermain.

Dilansir dari situs resmi BWF, Rabu (15/5/2019), AirShuttle dirancang sedemikian mirip dengan Shuttlecock konvensional, namun memiliki ketahanan angin, kekuatan, dan kestabilan yang lebih baik dibanding kok konvensional. Perbedaanya terdapat pada bulu kok, AirShuttle tidak menggunakan bulu apapun.

Pengembangan AirShuttle telah menjadi proyek lima tahun bekerja sama dengan Institute for Sports Research (ISR) di Nanyang Technological University di Singapura. Sementara, desain yang dinilai cocok baru dikonfirmasi pada awal 2018.

Kemudian, AirShuttle tersebut diuji dalam studi independen oleh University of Alicante dan Universitas of Malaya sebagai bagian dari program percontohan dengan menggunakan kelompok pemain dari tingkat pemula hingga atlet tingkat Olimpiade.

Awal Februari 2019, BWF sedang giat mempromosikan permainan baru Airbadminton. Sementara, shuttlecock baru, AirShuttle masih melanjutkan proses pengembangan dengan meningkatkan stabilitas, daya tahan dan kinerja agar bisa segera diluncurkan secara global untuk mendukung implementasi AirBadminton di seluruh dunia.