Connect with us

Sumut

Lancarkan Arus Mudik Lebaran, Gerbang Tol Marelan Jalur Medan-Binjai Telah Dibuka

Published

on

Gerbang Tol Marelan Jalur Medan-Binjai Telah Dibuka (Antara)

Geosiar.com, Medan – Operator jalan tol Medan-Binjai, PT Hutama Karya resmi membuka ruas gerbang tol seksi 1, Marelan-Helvetia yang diharapkan dapat mendukung kelancaran arus mudik dan balik Lebaran.

Jalur fungsional baru ini diharapkan menjadi alternatif pemudik, baik dari Medan-Aceh ataupun sebaliknya serta menyambung ruas tol yang telah beroperasi sebelumnya.

Kepala Bagian Operasi Jalan Tol Medan-Binjai PT Hutama Karya, Bhaskoro Rindargo dikutip dari ANTARA, Binjai, Selasa (14/5/2019) mengatakan gerbang tol seksi 1 Marelan telah dibuka pada tanggal 13 Mei 2019 mulai jam 00.00 WIB dini hari.

“Sekarang gerbang tol Marelan sudah terbuka sampai terbuka semuanya tidak ada penutupan kembali sebelum Lebaran dan setelah Lebaran pun sudah terbuka,” jelasnya.

“Semoga dengan dibukanya gerbang tol Marelan ini dapat meningkatkan mobilitas dan aksesibilitas di kawasan Sumatera Utara khususnya kawasan Medan-Binjai,” tambahnya.

Bhaskoro mengatakan, Hutama Karya menyiapkan di masing-masing gerbang ada tempat peristirahatan atau “Rest Area” termasuk fasilitas Mushola, kamar mandi dan juga kantin untuk persiapan mudik.

Sementara untuk personil, telah disiagakan 24 jam mulai dari layanan transaksi, layanan lalu lintas hingga keamanan dari kepolisian.

Akan tetapi khusus untuk pengemudi pengguna jalan tol Medan-Binjai PT Hutama Karya diimbau agar semua tetap jaga keselamatan, kecepatan dan cek layak kendaraan sebelum melakukan perjalanan jauh.

Jalan tol Medan-Binjai siap dilalui dengan total keseluruhan sepanjang 13,2 km, terdiri atas 2,7 km jalur fungsional di seksi 1 dari Helvetia sampai Marelan, dan 10,5 km jalur operasional pada seksi 2 Semayang ke Helvetia serta Seksi 3 Binjai ke Semayang.

Tol Semayang-Marelan dikenakan tarif tol Rp9.000, Helvetia-Marelan Rp2.500 dan Binjai-Marelan biaya tolnya sebesar Rp13.000.