Connect with us

Lifestyle

Heboh Cacar Monyet di Singapura, Pemerintah Indonesia Diminta Siap Siaga

Published

on

Kondisi kaki yang terserang virus cacar monyet atau monkeypox.

Geosiar.com, Lifestyle – Masyarakat Indonesia tengah dihebohkan dengan pemberitaan penyakit menular Monkeypox alias cacar monyet setelah pemerintah Singapura mengumumkan wabah penyakit itu sedang menyerang negaranya.

Dilaporkan, penyakit tersebut terbawa oleh warga negara Nigeria berusia 38 tahun yang datang ke Singapura pada 28 April lalu. Dia terbukti positif mengidap cacar monyet pada 8 Mei.

Atas isu itu, pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kesehatan Kemenko PMK mengatakan telah siap siaga mencegah masuknya penyakit cacar monyet dari Singapura itu.

“Kesiapan Indonesia menghadapi penyakit zoonotik, saat ini kondisinya sudah siap. Adanya monkeypox ini jadi contoh paling bagus. Dari Kementerian Kesehatan sudah antisipasi, akan melayangkan surat edaran tentang cacar monyet,” papar Plt Deputi Peningkatan Kesehatan Kemenko PMK Tb A Choesni dalam Press Conference Pertemuan Koordinasi dan Kolaborasi Investigasi KLB/Wabah dengan Pendekatan One Health di Kemenko PMK, Jakarta Pusat, Selasa (14/5/2019).

Sementara ini, pencegahan awal yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan pemeriksaan terhadap siapapun yang masuk ke Indonesia, khususnya kepada turis asal Singapura dan Nigeria.

“Saat ini antisipasi terhadap penyakit baru, Orang yang baru datang dari negara penyakit cacar tersebut, seperti Singapura dan Nigeria harus diperiksa,” tutur Kasubdit Surveillance Kementerian Kesehatan RI Endang Burning.

Selain itu, saat ini pemerintah pusat bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk menyebarluaskan informasi terkait pencegahan monkeypox atau cacar monyet.

Melansir dari Who.int dan alodokter, gejala cacar monyet terdiri dari dua fase, yakni:

Periode Invasi (0-5 hari)
Periode ini ditandai dengan demam, sakit kepala hebat, limfadenopati (pembengkakan kelenjar getah bening), nyeri punggung, nyeri otot dan kekurangan energi dalam tubuh.

Periode Erupsi Kulit (1-3 hari setelah munculnya demam)
Periode ini ditandai dengan timbulnya ruam merah yang akan sering muncul, dimulai dari wajah kemudian menyebar ke seluruh tubuh. Wajah hampir 95 persen paling sering terjadi dan telapak tangan, kaki 75 persen. Evolusi ruam dari virus ke vesikel (yang berisi cairan kecil), pastula, diikuti oleh kerak terjadi dalam waktu sekitar 10 hari. Tiga minggu mungkin diperlukan sebelum lenyapnya kulit.

Dalam beberapa pasien terkadang mengalami pembengkakan kelenjar getah bening sebelum munculnya ruam, yang merupakan ciri khas dari monkeypox atau cacar monyet.

Sementara itu, dilansir dari medicinenet, vaksin cacar seperti cidofovir, ST-246, dan vaccinia imun globulin (VIG) dapat digunakan untuk mengendalikan wabah monkeypox. Vaksinasi itu harus diberikan dalam waktu dua minggu setelah terpapar monkeypox.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lifestyle

Imajinatif, Zodiak Ini Berbakat Jadi Penulis

Published

on

Ilustrasi penulis

Geosiar.com, Lifestyle – Setiap orang telah dianugerahi bakat masing-masing, tanpa terkecuali dengan bakat menulis baik itu menulis makalah, cerita fiksi, ataupun non fiksi.

Menulis bukanlah perkara mudah, dibutuhkan imajinasi yang tinggi dan keuletan dalam merangkai kata-kata agar tulisan terkesan indah namun bermakna.

Melihat dari ilmu astrologi, beberapa zodiak cenderung cocok jadi penulis. Mereka memiliki talenta untuk berimajinasi dan merangkai kata.

Dilansir dari dewiku.com, Jumat (17/5/2019), berikut ini adalah beberapa zodiak yang memiliki bakat menjadi penulis hebat. Simak yuk! Siapa tahu kamu salah satunya?

Pisces

Pisces yang sangat terkenal dengan rasa empati dan ingin tahu secara alami membuatnya mengenal banyak kosa kata dan mampu merangkai kata-kata sebagai prosa yang indah.

Jika ada zodiak yang paling cocok untuk menjadi seorang penulis, maka para pemilik zodiak ini berada pada urutan teratas. Pisces akan menulis dengan penuh kejujuran, entah itu puisi, fiksi maupun karya jurnalisme.

Libra

Sebagai sosok yang pendiam, Libra bisa jadi hanya menunjukkan pada dunia apa yang sedang mereka pikirkan. Pemikiran zodiak ini bisa berubah wujud menjadi tulisan yang sangat berkarakter. Libra juga lebih suka mengungkapkan pemikirannya dengan tulisan dibanding curhat kepada orang lain.

Sagitarius

Sagitarius sangat mengutamakan kebebasan dalam berekspresi. Selain itu, mereka juga menyenangi dunia sastra. Zodiak bersimbol Pemanah ini mahir menceritakan kisah dengan jujur lewat media tulis.

Taurus

Terlatih menulis apa yang sedang mereka pikirkan, membuat Taurus mampu mengekspresikan diri melalui tulisan. Mereka selalu menyukai puisi, fiksi, dan bahkan bermimpi untuk menjadi penulis profesional.

Sering terinspirasi dari cerita pengalaman hidup pribadi maupun orang lain dan langsung mengartikannya melalui kata-kata secara mudah. Zodiak ini dikenal sebagai pendongeng alami dan selalu dapat membuat orang kagum dengan tulisan mereka.

Aquarius

Zodiak berelemen Angin, Aquarius merupakan sosok yang sangat imajinatif. Tak bisa duduk diam, membuat mereka harus segera menuliskan imajinasinya di buku catatan.

Menurut Aquarius, buku dan pena merupakan benda wajib yang harus dibawa kemana-kemana untuk menampung fantasi-fantasi yang suka muncul tiba-tiba.

Continue Reading

Lifestyle

Rutin Konsumsi 2 Pisang Sehari, Begini Manfaatnya

Published

on

Ilustrasi buah pisang

Geosiar.com, Lifestyle – Mengonsumsi buah pisang secara teratur dapat menghasilkan efek mengagumkan untuk kesehatan tubuh. Tak perlu makan dalam jumlah banyak, cukup rutin dua buah sehari saja kita sudah bisa melihat hasilnya.

USDA (US Food and Drug Administration) menyarankan, setidaknya orang dewasa bisa mengonsumsi pisang 1 setengah sampai 2 buah pisang sehari jika ingin mendapatkan manfaat potensial dari buah tersebut.

Para ahli medis mengungkapkan, dengan mengonsumsi dua buah pisang sehari secara rutin sebanding dengan latihan berat selama 90 menit. Oleh karena itu, pisang memang menjadi buah favorit bagi para Atlet guna menunjang kebugaran tubuh mereka.

Lalu, apa saja manfaat mengonsumsi 2 buah pisang sehari secara rutin?

Mencegah Diabetes

Jika kamu mengonsumsi 2 pisang setiap hari, apalagi pisang hijau bisa mencegah diabetes karena dapat mengurangi kapasitas penyerapan glukosa sel-sel tubuh dan dapat menurunkan kadar insulin dalam tubuh. Sehingga secara otomatis bisa mencegah penyakit diabetes. Sementara, bagi yang sudah mengidap penyakit ini, juga disarankan untuk terus mengonsumsi pisang.

Menurunkan Tekanan Darah

Jika kamu menderita tekanan darah rendah, makan 2 pisang sehari akan membuat tekanan darah kamu normal loh. Sebab, pisang mengandung sekitar 420 gram potasium. Kalium di dalamnya juga mampu menyeimbangkan efek negatif garam sehingga menurunkan tekanan darah kamu.

Membantu Turunkan Berat Badan

Pisang sangat cocok bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan karena kalorinya yang rendah, tidak mengandung lemak dan sangat bergizi. Pisang mentah mengandung pati resisten yang merupakan karbohidrat yang bisa dicerna dan bekerja seperti serat di dalam tubuh. Kandungan ini membantu membuat seseorang merasa kenyang lebih lama dan membantu mengurangi rasa lapar sehingga membantu menurunkan berat badan.

Menguatkan Tulang

Jika kamu rutin konsumsi 2 pisang setiap hari, maka dipercaya akan menguatkan tulang dan mencegah nyeri sendi. Sebab, pisang mengandung vitamin, magnesium dan kalsium tinggi yang sangat baik untuk pertumbuhan dan penguatan tulang.

Membuat Pencernaan Membaik

Last but not least, pisang mudah dicerna dan tidak mengiritasi saluran gastro-intestinal. Pati resisten yang terkandung dalam pisang tidak dicerna dan berakhir di usus besar di mana ia berfungsi sebagai media nutrisi yang efektif untuk bakteri sehat. Pisang bisa dimakan ketika seseorang memiliki gastritis dan mulas. Mereka mengembalikan mineral yang hilang ketika seseorang menderita diare.

Continue Reading

Lifestyle

4 Tips Ngabuburit Irit Tapi Seru

Published

on

Ilustrasi ngabuburit di bulan Ramadhan.

Geosiar.com, Lifestyle – Ngabuburit selama Bulan Puasa merupakan kegiatan yang wajib hukumnya dikalangan milenial. Momen ngabuburit bersama teman-teman adalah momen yang paling dinanti saat sore hari.

Nah, kalau udah ngabuburit pasti dibarengi dengan blusukan mencari makanan untuk berbuka puasa. Tak jarang kita harus merogoh kocek yang dalam setiap kali ngabuburit.

Untuk mengantisipasi agar kantong gak jebol, yuk simak tips ngabuburit irit berikut ini!

Promo Ramadhan

Bulan Ramadhan identik dengan bulan penuh berkah. Oleh karena itu, pasti banyak tempat makan yang menawarkan promo spesial selama Bulan Ramadhan. Kamu mesti jeli untuk melihat promo tersebut. Promo bisa berupa potongan harga, takjil gratis atau paket hemat. Nah, ini cocok buat kamu yang ingin ngabuburit dengan irit sekaligus bisa menikmati makanan berbuka puasa. So, Manfaatkan hal ini ya!

Pesan menu berharga murah

Terkesan melarat namun tak perlu malu. Selama porsinya cukup dan menu itu termasuk seleramu dan harganya sesuai dengan budget-mu, kenapa tidak? Jangan ragu untuk pilih menu tersebut. Daripada pilih yang mahal tapi ujung-ujungnya malah kepikirankan. So, Be Wise!

Patungan dengan teman-teman

Nah, tips yang satu ini juga banyak dipakai anak milenial kalau lagi ngabuburit. Jika sama-sama ingin hemat, kalian bisa patungan untuk membayar makanan berbuka puasa. Misalnya per orang menyetor 100rb dan dengan terkumpulnya uang tersebut baru tentukan menu makan apa yang akan dibeli.

Restoran dengan konsep All You Can Eat

Tips ini banyak diterapkan dikalangan anak zaman now. Bagi para pencinta kuliner yang hobi menyantap hidangan berporsi besar, kehadian restoran berkonsep ‘all you can eat’ tentu menjadi sebuah pilihan baru untuk memanjakan lidah dan nafsu makan kamu. Tak lupa, dengan sekali bayar kamu bisa makan sampai benar-benar kenyang lho!

Nah, sekian ngabuburit irit berbuka puasa bersama teman-teman selama Ramadan. Yang terpenting adalah momen kebersamaan dengan teman-teman lho bukan mahal tidaknya makanan yang dipesan. Semoga bermanfaat!

Continue Reading

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com