Connect with us

Lifestyle

Heboh Cacar Monyet di Singapura, Pemerintah Indonesia Diminta Siap Siaga

Published

on

Kondisi kaki yang terserang virus cacar monyet atau monkeypox.

Geosiar.com, Lifestyle – Masyarakat Indonesia tengah dihebohkan dengan pemberitaan penyakit menular Monkeypox alias cacar monyet setelah pemerintah Singapura mengumumkan wabah penyakit itu sedang menyerang negaranya.

Dilaporkan, penyakit tersebut terbawa oleh warga negara Nigeria berusia 38 tahun yang datang ke Singapura pada 28 April lalu. Dia terbukti positif mengidap cacar monyet pada 8 Mei.

Atas isu itu, pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kesehatan Kemenko PMK mengatakan telah siap siaga mencegah masuknya penyakit cacar monyet dari Singapura itu.

“Kesiapan Indonesia menghadapi penyakit zoonotik, saat ini kondisinya sudah siap. Adanya monkeypox ini jadi contoh paling bagus. Dari Kementerian Kesehatan sudah antisipasi, akan melayangkan surat edaran tentang cacar monyet,” papar Plt Deputi Peningkatan Kesehatan Kemenko PMK Tb A Choesni dalam Press Conference Pertemuan Koordinasi dan Kolaborasi Investigasi KLB/Wabah dengan Pendekatan One Health di Kemenko PMK, Jakarta Pusat, Selasa (14/5/2019).

Sementara ini, pencegahan awal yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan pemeriksaan terhadap siapapun yang masuk ke Indonesia, khususnya kepada turis asal Singapura dan Nigeria.

“Saat ini antisipasi terhadap penyakit baru, Orang yang baru datang dari negara penyakit cacar tersebut, seperti Singapura dan Nigeria harus diperiksa,” tutur Kasubdit Surveillance Kementerian Kesehatan RI Endang Burning.

Selain itu, saat ini pemerintah pusat bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk menyebarluaskan informasi terkait pencegahan monkeypox atau cacar monyet.

Melansir dari Who.int dan alodokter, gejala cacar monyet terdiri dari dua fase, yakni:

Periode Invasi (0-5 hari)
Periode ini ditandai dengan demam, sakit kepala hebat, limfadenopati (pembengkakan kelenjar getah bening), nyeri punggung, nyeri otot dan kekurangan energi dalam tubuh.

Periode Erupsi Kulit (1-3 hari setelah munculnya demam)
Periode ini ditandai dengan timbulnya ruam merah yang akan sering muncul, dimulai dari wajah kemudian menyebar ke seluruh tubuh. Wajah hampir 95 persen paling sering terjadi dan telapak tangan, kaki 75 persen. Evolusi ruam dari virus ke vesikel (yang berisi cairan kecil), pastula, diikuti oleh kerak terjadi dalam waktu sekitar 10 hari. Tiga minggu mungkin diperlukan sebelum lenyapnya kulit.

Dalam beberapa pasien terkadang mengalami pembengkakan kelenjar getah bening sebelum munculnya ruam, yang merupakan ciri khas dari monkeypox atau cacar monyet.

Sementara itu, dilansir dari medicinenet, vaksin cacar seperti cidofovir, ST-246, dan vaccinia imun globulin (VIG) dapat digunakan untuk mengendalikan wabah monkeypox. Vaksinasi itu harus diberikan dalam waktu dua minggu setelah terpapar monkeypox.

Advertisement

Lifestyle

Tips Mencuci Jeans Hitam Agar Tak Mudah Luntur

Published

on

Ilustrasi cara mencuci jeans agar tidak mudah luntur.

Geosiar.com, Lifestyle – Celana Jeans dengan warna hitam selalu diminati oleh banyak orang. Namun, tak jarang orang malas membelinya karena memiliki tingkat kelunturan yang sangat tinggi jika dipakai berulang kali. Sebab, secara otomatis warna hitam pada jeans sangat mudah luntur bila sering dicuci.

Dengan demikian, celana jeans warna hitam memerlukan perawatan ekstra agar warnanya tidak mudah luntur. Oleh sebab itu pula, meskipun suka, orang cenderung membeli jeans dengan warna lain.

Namun, kalian tak perlu khawatir lagi sebab Geosiar.com akan berbagi tips mengenai cara ampuh membersihkan jeans agar warnanya tidak mudah luntur. Kamu boleh mencobanya di rumah masing-masing. Simak Yuk!

Pre-treat Jeans

Ketika baru membeli celana jeans hitam, sebaiknya langsung rendam celana jeans di dalam air dingin yang sudah dicampur dengan setengah cangkir cuka putih dan satu sendok teh garam. Kemudian direndam selama 30 menit. Setelah direndam, segera cuci dan jemur dengan cara digantung hingga kering.

Hal ini berguna untuk mengunci ketahanan warna hitam pada celana jeans sehingga saat dicuci berkali-kali warnanya tidak menjadi kusam.

Teknik Mencuci

Kebanyakan orang mencuci celana jeans hitam secara asal-asalan tanpa mengetahui teknik mencuci yang tepat. Wajar saja kalau warnanya sudah luntur ketika baru dua atau tiga kali dicuci.

Saat mencuci jeans hitam, hal pertama yang harus diperhatikan yaitu memilih suhu air yang dingin untuk mencuci dan membilasnya, sebab jika menggunakan suhu air yang panas, maka bisa memudarkan warnanya lebih cepat.

Sebelum mencuci, kamu wajib membalik bagian dalam celana jeans menjadi bagian luar. Hal ini dilakukan untuk mencegah kerusakan dan warna kusam pada celana jeans hitam.

Selain itu, jika kamu mencuci jeans hitam dengan mencampurkan pakaian yang lainnya, maka campurkanlah dengan warna pakaian yang senada agar tidak terjadi kombinasi warna yang membuatnya terlihat menjadi kusam.

Kalian juga wajib menggunakan deterjen cair untuk mencuci jeans hitam dan ingat jangan terlalu banyak karena hal tersebut juga bisa mempengaruhi ketahanan warnanya.

Air Dry

Jika kamu sudah selesai mencuci, maka tahap selanjutnya adalah membilas. Setelah dibilas, segeralah peras celana jeans kamu untuk menghilangkan kelebihan airnya, lalu gantung pada jemuran hingga mengering. Dengan begitu celana jeans hitam favorite kamu dijamin tidak akan mudah luntur dan rusak.

Continue Reading

Lifestyle

Penggemar Keju Edam, Begini Kepribadiannya!

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Lifestyle – Sebagian besar orang mungkin merasa asing dengan nama keju edam, atau biasa disebut dengan keju gouda. Bukan seperti jenis keju lainnya yang lebih umum, seperti cheddar dan mozarella, keju edam memang lebih jarang digunakan, walaupun sebenarnya rasanya enak dan cocok untuk berbagai olahan kue.

Keju edam sering digunakan untuk taburan kastengel atau kue kering lainnya. Pecinta keju edam ternyata merupakan tipe orang yang menyukai spontanitas. Ia tidak masalah menghadapi perubahan dalam hidupnya. Bahkan penyuka keju jenis ini menyukai menjalani kehidupan yang segar dan berbeda setiap harinya.

Seperti dikatakan tim ahli keju Murray’s Cheese dalam Reader’s Digest, pecinta keju edam adalah tipe orang yang suka memberi bumbu pada setiap hal yang ia lakukan. Mereka jarang punya rencana dalam jangka panjang dalam hidup dan menikmati hidup seperti apa adanya.

Jadi apakah kamu merupakan salah satu penyuka keju edam?

Continue Reading

Lifestyle

Penggemar Keju Cheddar, Begini Kepribadiannya!

Published

on

Ilustrasi Keju Cheddar

Geosiar.com, Jakarta – Banyak hal untuk kita mengetahui kepribadian seseorang. Salah satunya dari makanan. Kita bisa mengungkap seperti apa kepribadian seseorang dilihat dari makanan favoritnya. Tidak terkecuali dari keju favorit. Ada berbagai macam jenis keju dan beberapa orang mungkin memiliki jenis keju favorit.

Apabila kamu menyukai keju cheddar, ternyata kamu adalah tipe orang yang menyukai keseimbangan dalam hidup. Keju cheddar merupakan keju yang sangat mudah didapat dan paling banyak digunakan.

Pencinta keju jenis itu dikenal tidak banyak tingkah. Ia hidup mengalir seperti air. Ia menghargai pemikiran konvensional orang lain namun juga tidak mencela filosofi generasi milenial yang jauh berbeda.

Mereka tahu bagaimana berada di tengah sehingga tidak perlu bertabrakan dengan orang lain. Ia juga bukan tipe orang yang hidup di masa lalu, gampang move on dan menjalani hidup ke depan dengan optimis, seperti dilansir dari Reader’s Digest.

Jadi, apakah kamu termasuk salah satu pecinta keju cheddar juga? Cek kepribadianmu.

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com