Connect with us

Politik

Drs Paulus Sinulingga Resmi Dilantik DPRD Medan

Published

on

Medan, Geosiar.com – Ketua DPRD Medan Henry Jhon Hutagalung SE,SH, MH secara resmi mensahkan dan melantik Drs Paulus Sinulingga menjadi anggota DPRD Medan. Pelantikan Paulus Sinulingga sebagai Pengganti Antar Waktu (PAW) sisa masa jabatan 4 bulan periode 2019-2024 melalui rapat paripurna di gedung dewan, Selasa (14/5/2019).

Paulus Sinulingga asal Partai Hanura menggantikan Bangkit Sitepu yang telah meninggal dunia pada 8 Februari lalu. Rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Medan Henry Jhon Hutagalung didampingi Wakil Ketua Iswanda Ramli dan Wakil Ketua H Ihwan Ritonga SE terlebih dahulu membacakan SK Gubsu dan selanjutnya melantik dan penyematan Pin.

Sebagaimana diketahui, SK Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi melalui SK No 188.44/216/KPTS/ 2019 tertanggal 2 Mei 2019. Dalam SK memutuskan, memberhentikan dengan hormat Bangkit Sitepu (Almarhumah) sebagai anggota DPRD Medan. Selanjutnya mengangkat Drs Paulus Sinulingga sebagai PAW terhitung sejak pengangkatan sumpah/janji.

Pada kesempatan itu dalam sambutannya, Henry Jhon Hutagalung mengatakan, berharap Paulus Sinulingga dalam waktu singkat dapat bekerja maksimal menjalankan fungsi selaku anggota dewan.

“Diharapkan Paulus Sinulingga dapat bekerja maksimal berbuat demi kepentingan umum terutama peningkatan pembangunan di kota Medan menuju masyarakat lebih sejahterah,” ujar Henry.

Sementara itu, Wakil Walikota Medan Ir Akhyar Nasution menyampaikan, dengan penuh harapan dapat mengemban kepentingan masyarakat. Kepada Paulus Sinulingga kiranya mampu bekerja maksimal dan mencurahkan segala potensi menjadi pelayan di tengah masyarakat.

“Bukan sebaliknya malah minta dilayani oleh masyarakat. Jadikan sisa masa jabatan ini kesempatan terbaik membantu masyarakat, mengabdi kepada nusa dan bangsa,” pinta Akhyar. (lamru)

Advertisement

Politik

Terapkan Perda Kota Medan No 4/2012, Pastikan Warga Dapat Pelayanan Kesehatan

Published

on

Medan, Geosiar.com – Pemko Medan didesak agar menerapkan Perda No 4 Tahun 2012 tentang Sistem Kesehatan dengan benar. Sehingga warga Medan dipastikan mendapat pelayanan dan fasilitas kesehatan di Puskesmas maupun di rumah sakit.

Dorongan itu disampaikan Anggota DPRD Medan Drs Maruli Tua Tarigan saat menggelar sosialisasi ke XI Tahun 2019 Perda No 4 Tahun 2012 tentang Sistem Kesehatan Masyarakat di Jalan Bunga Sedap Malam, Kec Medan Selayang, Sabtu (29/6/2019). Sosialisasi dihadiri ratusan masyarakat, tokoh pemuda dan tokoh masyarakat.

Dikatakan, Pemko Medan harus mendukung program pusat lewat Perda Sistem Kesehatan, dimana Pemerintah Pusat telah memberlakukan Sistem Kesehatan Nasional bagi setiap warga negaranya. Hal ini dibuktikan dengan telah dikeluarkannya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 72 Tahun 2012 tentang Sistem Kesehatan Nasional.

Dengan adanya Perpres dimaksud maka setiap Pemerintahan Daerah wajib menjalankan Sistem Kesehatan di daerahnya masing-masing.

“Kita dorong, Pemko Medan untuk dapat memastikan kepada jajarannya supaya amanat dari Perda Nomor 4 Tahun 2012 dapat dijalankan dan diterapkan dengan baik,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, dalam Bab II Pasal 2, bahwa tujuan Perda salah satunya adalah meningkatkan mutu pelayanan kesehatan yang aman, adil, terjangkau dan terbuka bagi masyarakat. Kemudian, meningkatkan akses masyarakat untuk memperoleh pelayanan kesehatan.

Masalah buruknya pelayanan kesehatan di Medan juga dirasakan Ibu Nur
warga bunga sedap malam. Nur berharap program BPJS gratis menyentuh semua masyarakat miskin karena masih ada warga yang belum mendapatkan KIS gratis. Sama halnya Saliah,
berharap BPJS gratis nya di keluarkan karena dari bulan Januari 2019 sampai sekarang belum juga keluar.

Sebagaimana diketahui, Perda SKK Medan terdiri XVI BAB dan 92 Pasal. Dalam BAB I Pasal 1 di ketentuan umum terdiri 51 ayat. SKK sebagai pedoman penyelenggaraan pembangunan kesehatan di wilayah kota Medan. Pada ayat 18 disebut pelayanan dasar yakni pelayanan kesehatan kepada warga Medan baik perorangan maupun pelayanan dasar pemerintah dan swasta.

Pada BAB II bertujuan untuk mewujudkan tatanan kesehatan yang mampu melibatkan partisipasi semua unsur terkait meningkatkan derajat kesehatan masyarakat kota.

Juga mewujudkan pembangunan kota berwawasan kesehatan dan kemandirian. Meningkatkan mutu pelayanan kesehatan yang aman, adil, terjangkau dan terbuka bagi masyarakat. Meningkatkan akses masyarakat untuk memperoleh pelayanan kesehatan.

BAB 18 pada Pasal 32 terkait masalah gizi yakni pemerintah dan swasta bertanggungjawab dalam upaya perbaikan gizi untuk meningkatkan derajat kesehatan, kecerdasan dan produktifitas kerja. Pemko bertangungjawab atas pemenuhan lecukupan gizi keluarga miskin dan dalam situasi darurat.

Sama halnya di BAB XX Pasal 39 disebutkan, Pemko bertangungjawab dalam mengembangkan dan menyelenggarakan program usaha kesehatan sekolah.

Sedangkan Pasal 73 diatur masalah air minum yakni perusahaan air minum bersama Dinas makukan kerjasama dalam hal pelaksanaan pembangunan berwawsan kesehatan. Melakukan pemantauan air bersih dengan pemeriksaan secara berkala. Melakukan pembinaan dan pengawasan air minum yang layak komsumsi. (lamru)

Continue Reading

Politik

Golkar Ajukan 5 Nama Calon Menteri ke Presiden Jokowi

Published

on

Ketua DPP Partai Golkar, Andi Sinulingga

Geosiar.com, Jakarta – Ketua DPP Partai Golkar, Andi Sinulingga menyebut partainya sudah mengajukan lima nama kandidat menteri untuk pemerintahan Presiden Terpilih Joko Widodo atau Jokowi di periode 2019-2024. Ia mengaku nama-nama tersebut sudah diserahkan sejak jauh hari.

“Nama-nama kan udah diserahkan lama. Dan sudah ada di tangan Pak Jokowi semua. Semua partai sudah menyerahkan nama,” ungkap Andi di kawasan Jakarta Pusat, Sabtu (20/7/2019).

Meskipun Andi enggan menyebut siapa saja nama-nama yang diajukan Golkar, namun ia tak menyangkal dua nama kader Golkar yang saat ini berada di pemerintahan Jokowi, kembali muncul di nama-nama yang diajukan.

Mereka yakni, Agus Gumiwang Kartasasmita dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Agus kini menjabat sebagai Menteri Sosial, sementara Airlangga ada di kursi Menteri Perindustrian.

Andi mengatakan jumlah lima orang ini cukup realists. “Nanti kalau pak Jokowi bilang kok cuma lima, baru kita akan kasih lagi. Daripada kita terlalu tinggi, tapi dapet ya sekian, ya lebih baik realistis saja,” kata Andi.

Seorang petinggi di DPP Partai Golkar sebelumnya juga sudah mengatakan ada lima nama yang diajukan sebagai kandidat menteri. Lima nama tersebut adalah Airlangga Hartarto, Agus Gumiwang Kartasasmita, Ibnu Munzir, Zainuddin Amali, dan Dedi Mulyadi.

Partai Golkar adalah salah satu partai paling awal yang memberikan dukungan mereka pada Jokowi untuk kembali maju dua periode sebagai presiden. Di pemerintahan Jokowi saat ini, Golkar juga telah menempatkan tiga menteri. Selain Airlangga dan Agus, ada juga nama Luhut Binsar Panjaitan sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman. Ada pula nama Nusron Wahid yang didapuk memegang jabatan BNP2TKI.

Continue Reading

Politik

Apapun Keputusan Politik Gerindra, PAN: Kami Tetap Kerja Sama

Published

on

Sekjen PAN Eddy Soeparno

Geosiar.com, Jakarta – Partai Gerinda sudah melangsungkan rapat internal di kediaman sang Ketua Umum (Ketum), Prabowo Subianto. PAN, yang diketahui berkoalisi dengan Gerindra dalam gelaran Pilpres 2019 mengaku menghormati segala keputusan politik partai Gerindra.

“Kami berharap Gerindra dapat memberikan hasil rapat itu dan bisa memberikan hasil optimal bagi Gerindra. Saya ucapkan selamat bagi Gerindra jika memang itu hasil optimal bisa lahir dari pertemuan tersebut. Ke depan, apa pun yang diambil keputusannya oleh Gerindra untuk menentukan sikap arah politik mereka, akan kita hormati,” ungkap Sekjen PAN Eddy Soeparno kepada awak media, di kantor Para Syndicate, Jalan Wijaya 3, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (19/7/2019).

Eddy mengaku, PAN tetap ingin menjalin kerja sama dengan Gerindra. Karena, PAN merasa sudah menjalin koalisi yang baik selama gelaran Pilpres 2019 bersama dengan partai berlambang burung garuda tersebut.

Jika Gerindra memutuskan bergabung dengan koalisi pemerintah, Eddy menyebut PAN tetap menghormati keputusan itu. Eddy menilai segala keputusan yang diambil merupakan yang terbaik untuk Gerindra.

“Kita tetap menghormati opsi yang akan diambil Gerindra kelak. Saya rasa apa yang akan diputuskan Gerindra itu merupakan hasil yang akan berdampak positif bagi Gerindra untuk perjalanan politik ke depan,” ujarnya.

“Tapi, apa pun bentuk dari keputusan yang akan mereka ambil, kami akan hormati dan kami tetap akan bekerja sama dengan baik Gerindra dan partai politik lainnya,” tambah Eddy.

Partai Gerindra sebelumnya menggelar rapat Dewan Pembina yang dipimpin langsung oleh Prabowo Subianto. Salah satu agenda yang dibahas adalah evaluasi kelembagaan partai yang disebut berjumlah besar.

“Rapat juga menyetujui merekomendasi untuk dilakukannya konsolidasi partai secara menyeluruh, baik di tingkat legislatif, kader, dan struktur partai. Di tingkat legislatif, kita akan lakukan berbagai macam upgrading dan pertemuan bagi peningkatan mutu dan kualitas anggota Dewan agar dia memahami apa dan bagaimana fungsi Dewan dilaksanakan dengan baik,” jelas Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani di Hambalang, Bogor, Jawa Barat.

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com