Connect with us

Korupsi

MA Tolak PK Eks Menteri ESDM Terkait Korupsi DOM

Published

on

Mantan Menteri ESDM, Jero Wacik saat menjalani sidang korupsi Dana Operasional Menteri (DOM) di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (7/1/2016).

Geosiar.com, Jakarta – Peninjauan Kembali (PK) yang diajukan mantan Menteri ESDM, Ir Jero Wacik ditolak oleh Mahkamah Agung (MA). Akibatnya, Jero tetap akan dihukum 8 tahun penjara atas tindak pidana korupsi Dana Operasional Menteri (DOM).

Dilansir dari situs Kepanitera MA, Senin (13/5/2019), ajuan PK bernomor register perkara 68 PK/Pid.Sus/2019 atas terdakwa Ir. Jero Wacik, SE dinyatakan ‘DITOLAK’ oleh ketua majelis Syarifudin, yang juga Wakil Ketua MA bidang Yudisial. Adapun hakim anggota yaitu Sri Murwahyuni dan M Askin.

Sebagai informasi, Jero didakwa atas tindakan korupsi penggunaan dana DOM untuk kepentingan pribadi dan keluarga, di antaranya untuk pembelian tiket perjalanan keluarga, biaya main golf hingga biaya untuk pijat dan refleksi. Selain itu, Jero pun didakwa menerima gratifikasi.

Atas tindakan pidana itu, Jero dijerat hukum pidana penjara selama 4 tahun oleh PN Jakpus pada 9 Fabruari 2016.

Merasa hukuman tidak adil, Jero mengajukan banding hingga tingkat kasasi. Nahas, MA justru memperberat hukuman Jero menjadi 8 tahun penjara dengan denda Rp 5 miliar subsidair 2 tahun penjara.