Connect with us

Dunia

Selesai Uji Coba Rudal, Kim Jong Un Pandu Latihan ‘Serangan Jarak Jauh’

Published

on

Uji coba rudal balistik Mususdan Korea Utara pada Juni 2016 lalu. (Foto: BBC)

Geosiar.com, Pyongyang – Sehari setelah uji coba peluru kendali jarak pendek (rudal), pemimpin tertinggi Korea Utara (Korut), Kim Jong Un dikabarkan memimpin langsung latihan ‘serangan jarak jauh’.

“Di pos komando, Pemimpin Tertinggi Kim Jong Un, mengetahui rencana latihan serangan jarak jauh dan memerintahkan latihan itu untuk dimulai,” laporan dari kantor berita KCNA, Jumat (10/5/2019).

Latihan tersebut dimulai setelah Korea Selatan (Korsel) melaporkan bahwa Korut kembali melakukan uji coba rudal pada Kamis (9/5/2019). Namun, kantor berita KCNA tidak merinci perihal maksud latihan tersebut serta senjata yang dipergunakan.

Sebagai informasi, Korut terakhir kali melakukan uji coba rudal balistik antarbenua pada November 2017 lalu, sampai pada akhirnya bertemu dengan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump untuk membahas denuklirisasi Korea Utara. Namun, perundingan denuklirisasi tersebut tidak mencapai kesepakatan.

Sejak saat itu, Korut diketahui kembali menguji coba senjata mutakhirnya itu. Uji coba pertama dilakukan setelah Trump dan Kim bertemu untuk pertama kalinya pada pertengahan tahun lalu. Sementara, uji coba kedua dilakukan usai pertemuan Trump dan Kim untuk kedua kalinya pada Februari di Hanoi yang berakhir tanpa ada kesepakatan.

Para analis memprediksi, Korut kembali melakukan uji coba rudal sebagai upaya untuk meningkatkan tekanan pada AS lantaran konsesi (pemberian hak, izin, atau tanah oleh pemerintah, perusahaan, individu, atau entitas legal lain) yang gagal. Diperparah dengan gagalnya kesepakatan
denuklirisasi .

Kedua rudal itu ditembakkan pada Kamis (9/5/2019), sekitar pukul 16.30 waktu setempat dan mencapai ketinggian sekitar 50 km sebelum jatuh ke laut. Kedua misil diluncurkan dari barat laut kota Kusong, sekitar 160 km dari Pyongyang. Daya jelajah senjata roket ini disebut-sebut mencapai jarak hingga 420 km (260 mil) dan 270 km ke arah timur.