Connect with us

Lifestyle

Jangan Takut Gemuk, 5 Makanan Berbuka Ini dapat Dimakan dalam Porsi Besar

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Lifestyle – Salah satu hal yang dikhawatirkan kaum hawa di Bulan Ramadhan ialah naiknya berat badan. Akibat kurangnya berolahraga dan mengonsumsi berbagai macam makanan tanpa memikirkan kalori yang dinikmatinya, berat badan akan cenderung bertambah.

Jika hal ini tidak terjadi dalam hidupmu, ada baiknya untuk pilih makanan berbuka dengan tepat dan rendah kalori, yang dapat dikonsumsi meski dalam porsi besar.

Berikut sejumlah makanan yang dapat dinikmati dalam porsi besar tanpa membuat berat badan naik.

Telur Rebus

Telur mengandung serat dan protein yang tinggi yang dapat mengenyangkan dan sehat untuk menjaga berat badan. Makan 1-2 telur rebus saat berbuka sudah mampu mengenyangkan perut dan mencegahmu ngemil.

Kentang rebus

Tingginya serat dan karbohidratnya akan membuat perut kenyang lebih lama. Uniknya, penelitian menemukan bahwa kentang yang sudah didinginkan dan baru dimakan akan meningkatkan rasa kenyang dan menurunkan kalori yang dikandungnya.

Ikan

Pada umumnya kandungan lemak pada ikan sangat rendah. Inilah kelebihannya dibandingkan daging ayam maupun sapi. Jika sedang diet, ikan adalah pilihan lauk yang tepat. Asal tidak digoreng, kalori pada ikan tetap rendah dan dapat dikonsumsi dalam porsi besar dengan nutrisi yang lengkap.

Sayuran

Sayuran dikenal sebagai makanan tinggi serat yang bisa dimakan lebih banyak kapan saja. Jika memungkinkan, tak pelru lagi makan nasi saat berbuka dan bisa tetap kenyang hanya makan sayuran.

Buah asam

Buah-buahan dengan rasa asam seperti jeruk, lemon, anggur dan strawbery, adalah buah-bauhan yang mengandung kalori endah sehingga bisa dimakan lebih banyak tanpa takut kegemukan. Bagi yang tahan dengan makanan asam, silahkan saja.

Itulah sejumlah makanan sehat mulai dari yang mengenyangkan, tinggi nutrisi hingga rendah kalori yang bisa dikonsumsi saat buka puasa dalam porsi besar tanpa takut jadi kegemukan.