Connect with us

Dunia

Asik Belanja, 4 TKI Ilegal Ditahan Polisi Taiwan

Published

on

Ilustrasi TKI Ilegal

Geosiar.com, Taipe – Sebanyak empat (4) warga negara Indonesia ditangkap pihak kepolisian Zhonghe, Taipei, Taiwan. Setelah dilakukan penyelidikan, ternyata keempat wanita itu merupakan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ilegal.

Dilansir dari Asia Times, Kamis (9/5/2019), penangkapan berawal ketika polisi sedang patroli di sekitar pasar malam, Jalan Xingnan. Keempat wanita tersebut sedang asik berbelanja di tempat yang sama.

Ketika berpapasan, polisi curiga karena keempat wanita itu terlihat menghindar dan langsung masuk ke sebuah taksi dengan tergesa-gesa. Tak menunggu lama, polisi memberhentikan taksi itu, kemudian menanyai keempatnya. Namun, mereka menjawab dengan berbelit-belit.

Guna melakukan pemeriksaan lebih lanjut, polisi segera membawa keempat wanita itu ke kantor polisi untuk memindai sidik jari dan mengirimnya ke Badan Imigrasi Taiwan. Dari sidik jari itu diketahui ternyata mereka adalah pekerja migran ilegal.

Berdasarkan keterangan pihak kepolisian setempat, keempat wanita tersebut berusia antara 24 sampai 44 tahun. Kendati demikian, pihak kepolisian enggan merinci identitas mereka.

Melalui penyidikan lebih dalam, ternyata diketahui bahwa keempat TKI ilegal itu kabur dari majikan saat bekerja sebagai pesuruh dan pengasuh. Salah satunya sudah tidak bekerja selama dua bulan. Sementara lainnya, sudah melebihi izin tinggal selama empat bulan.

Atas kejadian itu, pihak kepolisian menyerahkan keempatnya ke pihak imigrasi Taiwan untuk menjalani interogasi, kemudian akan segera dipulangkan.