Connect with us

pemilu 2019

Prabowo-Sandi Kalahkan Jokowi-Ma’ruf di Kairo, Mesir

Published

on

Panita Pemilu Luar Negeri (PPLN) melaporkan hasil penghitungan suara saat rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu 2019 Luar Negeri di Kantor KPU (Merdeka.com)

Geosiar.com, Mesir – Pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno berhasil meraup suara terbanyak dibandingkan lawannya, pasangan nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf dalam pemilu luar negeri yang berlangsung di Mesir.

Menurut hasil rekapitulasi yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) kemarin dan dalam rapat yang digelar pada Selasa (7/5/2019), Prabowo-Sandi menang di wilayah kerja Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Kairo, Mesir.

Paslon 02 ini berhasil meraup 4.739 suara, sementara Jokowi-Ma’ruf hanya 1.597 suara.

Rekapitulasi dari PPLN Kairo, Mesir adalah satu dari 68 PPLN yang rapat pleno penghitungannya telah diselesaikan hingga kemarin malam.

Jika ditotalkan, ada 130 PPLN dalam gelaran Pemilu 2019 ini. Sisa dari PPLN yang belum menjalani rapat pleno rekapitulasi rencananya akan dituntaskan KPU pada hari ini.

Hingga saat ini, dari 52,3 persen PPLN yang telah direkapitulasi itu, Jokowi-Ma’ruf menang di 56 daerah. Sedangkan pasangan Prabowo-Sandi hanya mencatat kemenangan di 11 PPLN.

Ada pula wilayah di mana kedua kubu meraih hasil imbang yakni di Tunis, Tunisia.

Hingga saat ini, Jokowi-Ma’ruf meraih 792.161 suara di luar negeri. Sementara pasangan penantang hanya 152.609 suara.

KPU sudah melaksanakan rekapitulasi suara luar negeri sejak Sabtu (4/5/2019) lalu.

Menurut jadwal yang ditandatangani Ketua KPU Arief Budiman, rekapitulasi akan dituntaskan hari ini, Rabu (8/5/2019). Namun rekapitulasi baru berjalan setengah jalan yakni baru 68 dari 130 wilayah kerja PPLN yang sudah direkapitulasi. Hal tersebut berarti masih ada 62 PPLN lagi yang harus diselesaikan.