Connect with us

Sumut

Kedua Kalinya, BPK RI Beri Penghargaan WTP ke Pemkab Sergai

Published

on

Bupati Sergai Ir H Soekirman bersama Kepala BPK Perwakilan Provsu Vincentia Moli Ambar Wahyuni, Pimpinan-Anggota V BPK RI Isma Yatim, para Kepala Daerah se-Sumut, serta undangan dalam acara penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), Selasa (7/5/2019). (Foto: Geosiar.com).

Geosiar.com, Serdang Bedagai – Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) kembali meraih penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)  dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Sumatera Utara (Sumut) terhadap pengelolaan keuangan daerah di Kantor BPK Perwakilan Provinsi Sumut Jalan Imam Bonjol Medan, Selasa (7/5/2019). Pencapaian itu merupakan yang kedua kalinya bagi Pemkab Sergai.

Bupati Sergai, Ir H Soekirman secara langsung menerima penghargaan tersebut dari Kepala BPK Perwakilan Provsu, Vincentia Moli Ambar Wahyuni. Acara penghargaan itu juga dihadiri kepala daerah dari delapan kabupaten/kota se-Sumut seperti Kabupaten Humbang Hasundutan, Tapanuli Selatan, Kota Gunung Sitoli, Kota Sibolga, Tebing Tinggi, Dairi dan Deli Serdang. Selain itu, Gubernur Sematera Utara Edy Rahmayadi, Ketua DPRD, dan OPD terkait pun turut meramaikan acara penghargaan tersebut.

Anggota V BPK RI, Isma Yatim mengatakan bahwa penghargaan itu sudah sesuai dengan peraturan perundang-undangan dalam rangka pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan negara/daerah. Salah satu yang terpenting adalah kewajiban setiap kepala daerah untuk menyusun dan menyampaikan rancangan peraturan daerah tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD kepada DPRD berupa laporan keuangan yang telah diperiksa BPK.

Lebih lanjut, Isma Yatim mengatakan bahwa pemeriksaan atas laporan keuangan bertujuan memberikan opini atas LKPD. Sementara, opini merupakan pernyataan profesional pemeriksa mengenai kewajaran atas laporan keuangan yang didasarkan pada empat kriteria, yakni kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintah, kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap perundang-undangan, dan  efektivitas Sistem Pengendalian Intern (SPI).

Usai menerima penghargaan, Bupati Sergai Soekirman mengungkapkan rasa syukur atas pencapaian dalam birokrasi Pemkab Sergai. Dia menyebut pencapaian itu merupakan hasil kerja keras dilakukan seluruh jajaran Pemkab Sergai.

“Ini merupakan opini WTP yang pertama selama tahun 2019 dan kalau di sejarah Kabupaten Sergai ini opini WTP kedua yang pernah kita terima, sebelumnya  yang pertama pada tahun 2014. Oleh karena itu apa yang sudah  kita raih kiranya dapat dipertahankan dengan tertib administrasi program dan pertanggungjawaban,” kata Soekirman.

Tak hanya itu, Soekirman bertekad untuk dapat melanjutkan maupun mempertahankan prestasi itu dalam waktu yang lama.

“Kita bertekad dapat melanjutkan ataupun mempertahankan prestasi ini di waktu-waktu yang akan datang. Selain itu juga prestasi-prestasi lainnya diantaranya keberhasilan dalam penyelenggaraan pemerintah daerah (LPPD),  SAKIP mendapatkan nilai B dan dari Ombudsman kita mendapatkan ‘zona hijau’.  Kemudian dari  KPK terkait dengan Korsupgah Sergai mendapat urutan kedua di Sumut dan sekarang ini kita meraih WTP dari BPK RI perwakilan Sumut,” imbuh Soekirman.

“Untuk kedepannya tidak akan turun semangat dan tidak akan mundur untuk tetap mempertahankan prestasi-prestasi selama ini sehingga bisa tetap mendapat WTP setiap tahunnya.” tandas Soekirman.