Connect with us

Lifestyle

4 Manfaat Konsumsi Kurma Saat Puasa

Published

on

Ilustrasi buah kurma (Foto: dok. istimewa)

Geosiar.com, Lifestyle – Kurma merupakan buah yang identik saat bulan Ramadhan, malah menjadi makanan wajib saat berbuka. Dan, itu terjadi bukan tanpa alasan lho. Buah kurma memiliki segudang khasiat yang baik untuk tubuh khususnya saat menjalani puasa. 

Melansir dari boldsky.com, para ahli kesehatan menyarankan agar setidaknya mengkonsumsi buah kurma sebanyak 2 butir setiap hari. Selain itu, Jansen Ongko, M.Sc, R.D. di dalam websitenya www.askjansen.com, menjelaskan bahwa kandungan gula di dalam kurma baik untuk meningkatkan kadar gula setelah seharian berpuasa.

Nah, semakin penasarankan tentang keuntungan mengkonsumsi buah kurma bagi kesehatan tubuh khususnya saat berpuasa? Simak yuk!

Menigkatkan produksi sel darah merah

Manfaat sari kurma yang juga tak kalah penting karena kandungan zat tembaganya. Zat tembaga pada buah kurma diperlukan oleh tubuh dalam memproduksi sel darah merah. Produksi sel darah merah yang kurang, rusaknya sel-sel darah merah dalam tingkat yang tinggi, dan kehilangan darah dapat menyebabkan seseorang terkena anemia.

Mengontrol gula darah

Kandungan serat pada buah kurma dapat membantu mencegah kadar gula darah yang meningkat terlalu tinggi setelah makan. Selain itu, buah kurma dapat membantu mengontrol gula darah karena indeks glikemik yang rendah dan berfungsi sebagai antioksidan.

Menjaga kesehatan usus

Pada buah kurma ini banyak sekali mengandung serat dan dapat mencegah penyerapan kolesterol Low-density lipoprotein (LDL) atau yang lebih dikenal dengan kolesterol jahat yang terjadi dalam usus. Selain itu, kandungan serat yang terdapat dalam buah kurma juga dapat membantu melindungi selaput lendir pada usus dengan mengurangi paparan dan dapat mengikat bahan kimia yang dapat menyebabkan terjadinya kanker usus besar.

Asupan nutrisi

Kurma adalah buah yang kaya akan nutrisi. Buah yang satu ini juga jadi sumber energi, gula, dan serat. Nutrisi penting seperti kalsium, zat besi, fosfor, sodium, kalium, magnesium, dan zinc juga terkandung dalam buah ini. Tak hanya itu, kurma juga memiliki vitamin thiamin, riboflavin, niacin, folat, vitamin A, dan vitamin K.

Dr Ir Diah M Utari, Mkes dari Departemen Gizi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia, seperti dikutip pesona.co.id, mengatakan bahwa sekitar 60% kandungan buah kurma adalah karbohidrat. Sisanya adalah perpaduan zat gizi magnesium, kalium, kalsium, vitamin A, vitamin B1, dan vitamin B2.

Selain itu, dalam setiap 100 gram kurma mengandung kalium sekitar 500-600 mg. Ada magnesium 40 mg, serta kalsium sebanyak 35 mg di dalamnya, serta vitamin B1 0,05 mg, vitamin B2 0,06 mg, niasin 1,2 mg, asam folat 17 mcg, vitamin A 9 IU, dan serat 5-7 gram.

Sekarang sudah tahu kan manfaat yang akan diperoleh ketika rutin mengkonsumsi buah kurma, jadi tunggu apalagi?