Connect with us

Sumut

KPU Sumut Gelar Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pemilu 2019

Published

on

KPU Sumut menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2019 tingkat provinsi Sumatera Utara. (Foto: Antara Sumut)

Geosiar.com, Medan – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara (Sumut) menggelar rapat pleno terbuka pelaksanaan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara pemilihan umum (Pemilu) 2019 untuk tingkat Provinsi Sumatera Utara di Hotel JW Marriott Medan, Senin (6/5/2019).

Ketua KPU Sumut, Yulhasni mengatakan bahwa proses rekapitulasi akan dilaksanakan hingga 9 Mei 2019 dan akan dihadiri oleh seluruh saksi dari partai politik (parpol) yang mengikuti Pemilu 2019.

“Kami targetkan rekapitulasi selesai 9 Mei 2019. Artinya kami harus terus kerja ekstra secara simultan sehingga proses rekapitulasi benar-benar rampung sesuai target dan untuk selanjutnya bisa disampaikan ke tingkat pusat,” tutur Yulhasni saat membuka rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara.

Sementara itu, Komisioner KPU Sumut, Benget Silitonga menyampaikan bahwa pihaknya tetap membatasi parpol untuk mengirimkan kadernya dalam proses rekapitulasi. KPU Sumut hanya memperbolehkan empat orang saksi dari masing-masing parpol dan hanya dua di antaranya yang boleh masuk ke dalam ruang rekapitulasi.

“Artinya saksi parpol maupun saksi lainnya memang empat orang, tapi yang diperkenakan masuk ke dalam ruangan hanya dua orang. Artinya mereka harus bergantian. Mudah-mudahan semua berjalan dengan lancar sampai 9 Mei mendatang sesuai yang kita agendakan,” imbuh Benget.

Dalam rapat ini diketahui, jumlah pemilih di Sumatera Utara dalam mengikuti pemilu serentak 17 April kemarin mencapai 79,91 persen. Angka tersebut melebihi target nasional yang hanya 77,5 persen.