Connect with us

Nasional

Polisi Tangkap 2 Kurir Pengantar 106 Kg Ganja Asal Aceh

Published

on

Kurir pengantar ganja seberat 106 kg asal Aceh menuju Jakarta (Foto: detik.com)


Geosiar.com, Musi Banyuasin – Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumatera Selatan berhasil menangkap dua kurir pengantar ganja seberat 106 kilogram (Kg) dari Aceh menuju Jakarta di Jalan Lintas Sumatera Palembang-Jambi, Desa Bayung Lencir, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Sumsel, Senin (29/4/2019).

Pelaku bernama Riskiansyah (44) warga Desa Beketel Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati, Jawa Tengah dan Mujianto (45). Mereka mengaku diupah sebesar Rp 20 juta untuk mengantar ganja tersebut sampai ke Jakarta. Namun, keduanya mengakui belum mengetahui alamat pasti pengiriman ke Jakarta mana. Kini, kedua tersangka berada di Mapolda Sumsel untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Berdasarkan hasil penyidikan, tersangka Riskiansyah mengatakan bahwa dirinya hanya disuruh oleh warga Aceh berinisial AB, untuk mengantarkan ganja tersebut ke Jakarta. Riski mengaku berkenalan dengan AB ketika bertemu secara tak sengaja di Bakauheni, Lampung. 

“Di situ kenalan, karena saya bawa truk dia tawarin mau ngantar ganja ini enggak, saya bilang oke. Akhirnya saya ikut ke Aceh ngambil ganja itu dengan Mujianto. Dikasih uang jalan Rp 3 juta,” kata Riskiansyah.

Saat ditanya alamat tujuan di Jakarta, Riskiansyah mengaku belum mengetahuinya dengan pasti.

“Katanya kalau sudah sampai Jakarta nanti ada yang menghubungi, nanti dikasih tahu dikirim ke alamat mana. Makanya saya tidak tahu tujuan aslinya,” lanjut Riskiansyah.

Kapolda Sumsel Inspektur Jenderal Zulkarnain Adinegara menyatakan bahwa saat ini pihaknya masih melakukan pengejaran terhadap AB. Dia menduga , AB merupakan bandar atau pengedar ganja skala besar ke seluruh wilayah di Sumatera dan Jakarta.

Operasi penangkapan ini berawal dari informasi yang diperoleh polisi soal rencana pengiriman ganja berskala besar melalui jalur darat. Kurir menggunakan truk dengan plat polisi K 1435 RH. Saat truk diperiksa, penyidik menemukan 6 karung plastik berisi 99 bungkusan kertas coklat berisi ganja kering seberat 106 kg yang disamarkan menggunakan karung semen.