Connect with us

Sumut

PLN Janji Wilayah Sumatera Utara Tak Ada Pemadaman Listrik Saat Bulan Puasa

Published

on

Ilustrasi PT PLN (Persero)

Geosiar.com, Medan – PT PLN (Persero) Wilayah Sumatera Utara akan berupaya tidak melakukan pemadaman listrik selama bulan suci Ramadhan berlangsung. 

Manajer Komunikasi PLN Wilayah Sumatera Utara, Rudi Artono mengatakan bahwa pihaknya tidak ingin mengecewakan dan merugikan pelanggan dengan pemadaman listrik pada bulan puasa, khususnya saat umat Islam melaksanakan salat.

“Kita tetap berusaha tidak terjadi pemadaman listrik, karena pastinya akan mengecewakan dan merugikan pelanggan,” tutur Rudi Artono kepada awak media di Medan, Jumat (3/5/2019).

Rudi menyebut, PLN Wilayah Sumut telah menyiapkan sebanyak 134 unit mobil, serta 68 unit motor yang disiagakan dengan SOP khusus pada puasa dan lebaran.

“Untuk menghindari pemadaman listrik tersebut, PLN Wilayah Sumut telah menyiapkan 134 unit mobil, serta 68 unit motor yang disiagakan dengan SOP khusus pada Puasa dan Lebaran,” jelas Rudi.

Selain itu, PLN Wilayah Sumut, kata Rudi, telah menyiapkan suplai pasokan listrik selama 24 jam nonstop dan menyiagakan 2.456 personel saat ibadah berlangsung.

Sementara, Senior Manajer Distribusi PLN Wilayah Sumut, Taufik Hidayat menyebut bahwa pihaknya juga sudah menyediakan 300 posko siaga dengan 49 orang petugas pekerjaan dalam keadaan bertegangan (PDKB) atau tanpa padam. Dia juga menyiagakan petugas yang memiliki izin kerja dan job safety analysis (JSA).

“Petugas juga diwajibkan memiliki izin kerja dan job safety analysis (JSA) yang telah disetujui oleh atasan/pegawai yang berwenang, memiliki dan menerapkan SOP, serta intruksi kerja secara konsisten, menggunakan alat kerja dan alat komunikasi sesuai standar, memakai APD lengkap yang sesuai dan layak,” papar Taufik.

Sebagai informasi, Taufik mengatakan bahwa jumlah pasokan listrik sistem Sumbagut memiliki daya mampu sebesar 2.390 MW, dan beban puncak sekitar 2.200 MW, sehingga memiliki cadangan daya sekitar 8-10 persen. Oleh karena itu, dia menginginkan agar masyarakat tak terlalu khawatir perihal pemadaman selama Ramadhan.

“Selama bulan Ramadhan ini pelanggan tidak perlu khawatir karena pasokan listrik sudah sangat andal,” ucap dia.

Selain itu, dia mengharapkan agar pelanggan dapat menggunakan peralatan dan instalasi listrik yang memenuhi standar agar terhindar dari bahaya.