Connect with us

pemilu 2019

KPU Mulai Rekapitulasi Suara Pemilu 2019 untuk Luar Negeri

Published

on

Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Tingkat Nasional Pemilu 2019 untuk Luar Negeri di kantor KPU, Jakarta, Sabtu (4/5/2019).

Geosiar.com, Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI resmi melaksanakan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Tingkat Nasional Pemilu 2019 untuk Luar Negeri di kantor KPU, Jakarta, Sabtu (4/5/2019).

Melalui akun Twitter resmi KPU diketahui, terdapat 130 Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) yang tersebar dalam 98 negara turut menyelenggarakan Pemilihan Umum 2019.

Ketua KPU RI, Arief Budiman mengatakan bahwa rekapitulasi penghitungan suara dari luar negeri akan terlebih dahulu dilaksanakan. Setelah selesi, akan dilanjutkan dengan merekapitulasi suara untuk dalam negeri.

“Jadi karena rapat pleno rekapitulasi tingkat provinsi masih berlangsung dan kita akan menunggu selesainya rapat pleno ditingkat provinsi, kami akan lanjutkan rekapitulasi penghitungan suara dari luar negeri selesai,” kata Arief Budiman saat membuka rapat pleno di Ruang Sidang Utama KPU, Jakarta, Sabtu (4/5/2019) siang.

Arief mengatakan bahwa KPU akan melakukan rekapitulasi hasil Pemilu presiden dan Pemilu legislatif secara bersamaan. Rapat itu dihadiri oleh Ketua KPU RI Arief Budiman, Komisioner KPU seperti Ilham Saputra, Hasyim Asy’ari, Evi Novida Ginting, Pramono Ubaid, Wahyu Setiawan, Viryan Azis serta perwakilan 16 partai politik, TKN, BPN dan juga perwakilan Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN).