Connect with us

Lifestyle

Wajib Tahu, 5 Kebiasaan Ini Dapat Merusak Rambut

Published

on

Ilustrasi penggunaan alat kecantikan rambut berpotensi menyebabkan kerusakan pada rambut

Geosiar.com, Lifestyle – Rambut merupakan mahkota kecantikan bagi seorang wanita dan menjaga kesehatan rambut bukanlah perkara mudah. Tapi sayangnya, beberapa kebiasaan yang niatnya untuk menjaga kesehatan dan mempercantik tampilan rambut justru bisa merusak rambut.

Hati-hati, kebiasaan berikut ini justru berisiko merusak keindahan rambutmu. Simak yuK!

1. Menyisir rambut dalam keadaan basah

Sebaiknya, kebiasaan menyisir rambut dalam keadaan basah harus segera diperbaiki. Sebab, kondisi rambut cukup rapuh saat basah. Kalu kamu sering menyisir rambut saat basah, akibatnya rambut menjadi mudah rontok dan patah.

Selain itu, menyisir rambut terlalu sering juga tidak dianjurkan lho ladies! Pemilihan jenis sisir juga berpengaruh bagi kondisi rambut kamu. Penggunaan sisir bergigi jarang dapat meminimalisir kerontokan rambut.

2. Terlalu sering mencuci rambut

Kebiasaan mencuci rambut setiap hari otomatis akan merusak kondisi rambut kamu. Akibatnya, minyak alami yang ada pada kulit kepala akan hilang. Padahal minyak itu berfungsi sebagai pelembab alami kulit kepala agar selalu sehat dan tidak kering.

Waktu mencuci rambut paling ideal adalah 2-3 hari sekali. Keramas setiap hari hanya disarankan bagi si pemilik rambut berminyak ya!

3. Terlalu sering menggunakan hair dryer

Ingin rambut cepat kering usai keramas, tidak jarang kita memilih untuk menggunakan hair dryer. Tapi ternyata, penggunaan hair dryer yang terlalu sering bisa merusak rambut lho!

Akibatnya rambut kamu akan menjadi rapuh dan mudah patah. Apalagi jika kamu mengeringkannya saat rambutmu benar-benar dalam keadaan basah. Sebaiknya, kamu menunggu rambut setengah kering atau mengeringkan rambut lebih dulu dengan handuk, baru setelah itu dilanjut dengan hair dryer.

4. Penggunaan alat catok atau alat pengeriting rambut

Sama seperti hair dryer, panas yang dihasilkan oleh alat catok ataupun alat pengeriting rambut dapat membuat rambut rusak.

Sering memanaskan rambut dengan alat-alat tersebut akan mengakibatkan rambut kering, mudah patah dan bercabang. Selain itu, kamu juga perlu membatasi penggunaan gel ataupun hairspray pada rambut.

Untuk meminimalisir kerusakan pada rambut, kamu wajib memakai kondisioner atau produk perawatan rambut agar rambut selalu terlindungi dan sehat. Namun, pastikan kamu mengetahui jenis rambutmu terlebih dalu sebelum melakukan perawatan ya ladies!