Connect with us

pemilu 2019

Terus Bertambah, Jumlah Petugas KPPS Meninggal Dunia Jadi 412 Orang

Published

on

Komisioner KPU Evi Novida Ginting

Geosiar.com, Tangerang – Hingga hari ini, Jumat (3/5/2019), jumlah petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Pemilu 2019 yang meninggal dunia tercatat sebanyak 412 lebih. Hal tersebut disampaikan oleh Komisioner KPU, Evi Novida Ginting.

“Itu masih yang terakhir saya dapat masih 412 meninggal yang tadi malam, pukul 08.00 WIB malam, tanggal 2 Mei kita dapat dan dihimpun dari daerah,” ungkap, Evi Novida Ginting di Jurang Mangun Timur, Tangerang Selatan, Jumat (3/5/2019).

Namiun kini KPU belum mengevaluasi peristiwa banyaknya petugas KPPS meninggal dunia. Evi memastikan evaluasi akan dilakukan usai rekapitulasi secara Nasional selesai.

Evi mengaku evaluasi penyelenggaraan Pemilu 2019 sangat penting untuk dilakukan. Ia mengatakan, nantinya evaluasi akan melibatkan pihak-pihak terkait.

“Tentu saja evaluasi ini penting, setiap penyelenggaraan pemilu kita tidak pernah tidak melakukan evaluasi dan evaluasi itu kita sampaikan pada berbagai pihak kepada stakeholders. Kita libatkan juga mereka untuk melakukan evaluasi dan ini tentu menjadi suatu kebiasaan yang memang harus kita lakukan, jadi tetep saja kita lakukan evaluasi,” ungkap Evi.

Mengenai santunan, Evi ingin setiap KPU daerah dapat membantu memenuhi persyaratan pemberian bantuan. Bantuan KPU daerah diperlukan supaya penyaluran santunan ini dapat berjalan lebih cepat.

“Kita sekarang kan sudah menyelesaikan juknis (petunjuk teknis) ya, nanti tentu ada prasyarat yang harus dipenuhi untuk memberikan santunan yang kita harapkan teman-teman di daerah propinsi maupun kabupaten/kota bisa membantu kita untuk memenuhinya sehingga nanti penyalurannya bisa lebih cepat,” tutur Evi.