Connect with us

Nasional

Menkeu Janji THR PNS Cair Akhir Mei 2019, Tinggal Tunggu Perpres

Published

on

Ilustrasi THR PNS/ASN

Geosiar.com, Jakarta – Menjelang Ramadan 2019, Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil PNS) dipastikan akan menerima pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) paling lambat pada akhir Mei 2019.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Mudzakir menjelaskan bahwa kewenangan dalam pencairan THR PNS berada pada Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Mudzakir mengatakan bahwa Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati pernah menyebut, kepastian pemberian THR akan dilakukan pada akhir Mei.

“Ibu Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pernah menyampaikan akan cair akhir Mei dan beliau tegaskan lagi harus sebelum Lebaran,” ujar Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PANRB Mudzakir ketika dihubungi, Jumat (3/5/2019).

Kendati demikian, Mudzakir masih belum bisa memprediksi kapan tanggal persisnya THR akan diberikan kepada PNS. Dia mengatakan Kemenkeu sendiri belum menyebut perihal tanggal pencairan THR.

“Tentu harus ada hal-hal teknis yang perlu dilakukan. Waktu pastinya mohon cek Kementerian Keuangan,” pungkas dia.

Seperti pada umumnya, komponen THR tahun ini sama dengan tahun-tahun sebelumnya, yakni gaji pokok dan tunjangan kinerja (tukin). Kendati demikian, Mudzakir mengimbau para PNS agar tetap menunggu pengumuman dari Peraturan Pemerintah (PP).

“Kita tunggu PP nya keluar tapi insyaAllah sebagai gambaran akan serupa dengan tahun sebelumnya,” tandas dia.

Sebelumnya, Sri Mulyani Indrawati menyampaikan bahwa pencairan THR dilakukan sebelum lebaran Idul Fitri. Dia juga menegaskan untuk menanti Peraturan Presiden (Perpres) dikeluarkan.

“THR tetap dilakukan, nanti Peraturan Presiden (Perpres) dikeluarkan, pembayaran sebelum lebaran. Nanti kalau tanggal 5 Juni lebaran maka ada libur bersama di akhir Mei, maka dibayarkan sebelum libur bersama itu,” kata Sri Mulyani di Kementerian Keuangan, Selasa (19/3/2019).