Connect with us

Nasional

Jelang Ramadhan, Jokowi Tegaskan Stabilitas Harga Pangan Harus Terjamin

Published

on

Presiden Jokowi didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla memimpin Ratas tentang Persiapan Menghadapi Idul Fitri 1440H/2019M, di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (3/5/2019) siang. (Foto: dok. setkab.go.id)

Geosiar.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla  beserta para menteri dan pejabat pemerintahan melaksanakan rapat terbatas untuk membahas persiapan menghadapi Idul Fitri 1440H/2019 M di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (3/5/2019).

Dalam rapat terbatas itu, Jokowi mengharapkan agar para menteri dan pejabat pemerintahan bisa menjaga stabilitas dan ketersediaan harga pangan dan bahan pokok selama bulan puasa.

“Hal yang berkaitan dengan ketersediaan dan stabilitas harga bahan bahan pokok yang dibutuhkan rakyat, betul-betul harus terus kita jaga,” tutur Jokowi.

Jokowi menyarankan agar para menteri dan pejabat harus lebih fokus pada kegiatan manajemen lapangan.

“Manajemen lapangan harus lebih terpadu, lebih terkoordinasi dari pusat maupun di daerah,” sarannya.

Lebih lanjut, Jokowi turut membahas perihal kesiapan moda transportasi untuk kegiatan mudik. Dia mengatakan agar jajaran pemerintah memperhatikan ketersediaan Bahan Bakar Minyak (BBM) selama masa mudik secara mendetail.

Selain itu, kesiapan infrastruktur juga termasuk pembahasan penting dalam rapat terbatas. Jokowi mengatakan keberadaan jalan tol lintas di Pulau Jawa dan tol Trans Sumatera dinilai akan sangat membantu dalam mengurangi persoalan selama mudik.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution menyatakan bahwa pemerintah sudah mengantisipasi agar kebutuhan selama Ramadhan tetap stabil, yakni dengan terlebih dulu mengamankan harga pada komoditas bawang putih di pasar.

Tak hanya itu, Jokowi juga meminta gabungan personel Polri–TNI untuk terus bersinergi melakukan tindakan pencegahan dan penangkalan terhadap setiap potensi gangguan keamanan dan ketertiban selama bulan Ramadan, sehingga umat Islam bisa menjalankan ibadahnya dengan tenang, dengan aman dan nyaman.