Connect with us

Politik

Dana Kampanye Demokrat Rp 190 M, Sumbangan SBY Paling Banyak

Published

on

Sekjen Demokrat Hinca Panjaitan

Geosiar.com, Jakarta – Partai Demokrat yang diwakili oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Hinca Pandjaitan membeberkan jumlah pendapatan dan pengeluaran dana kampanye kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Hinca mengungkapkan, Demokrat mendapatkan total dana sebesar Rp 190 miliar.

“Biaya yang kami keluarkan untuk kampanye kami totalnya Rp 190 miliar. Rp 180 miliar adalah dari caleg, sedangkan sisanya itu dari partai, dan perorangan yang menyumbang,” ujar Hinca setelah melapor di Hotel Borobudur, Kamis (2/5/2019).

Dari jumlah tersebut, besaran dana dari partai sebanyak Rp 1,380 miliar, sementgara dari caleg Rp 180,871 miliar.

Pengeluaran terbanyak tercatat untuk kebutuhan alat peraga kampanye caleg. Iklan di media, hanya menghabiskan dana sebesar Rp 4 miliar.

“Kalau dilihat dengan hasil ini dengan anggaran kami untuk hasil itu, saya kira signifikan lah. Karena ini angka yang sangat sederhana dan tidak terlalu besar dibandingkan yang lalu,” tambah dia.

Strategi mereka tahun ini, kata Hinca, memfokuskan pada caleg dan alat-alat peraga seperti spanduk dan baliho yang langsung menyentuh pemilih sebagai metode kampanye. Sedangkan iklan kampanye di televisi dikurangi cukup besar.

Sementara untuk Penyumbang terbesar yakni dari Ketua Umum Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), beserta Istri, Ani Yudhoyono, yakni Rp 3,485 miliar. Dari total pengeluaran, menurut estimasi Hinca, kurang lebih tersisa Rp 300 juta.