Connect with us

Lifestyle

MUFFEST 2019, Bentuk Kesiapan Indonesia Jadi Tren Fesyen Muslim Dunia

Published

on

Muslim Fashion Festival (MUFFEST) 2019 di Jakarta Convention Center, Rabu (1/5/2019) (Foto: muslimfashionfestival.com)

Geosiar.com, Lifestyle – Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin) semakin giat dalam mengembangkan industri fesyen muslim Tanah Air lewat perhelatan Muslim Fashion Festival (MUFFEST) 2019 di Jakarta Convention Centre, pada 2-5 Mei 2019, di mana hari ini, Rabu 1 Mei 2019 merupakan acara pembukaan.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan bahwa perhelatan tersebut merupakan upaya untuk menujukkan kesiapan Indonesia menjadi salah satu pusat fesyen muslim dunia.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat pidato pembukaan Muslim Fashion Festival (MUFFEST) 2019 di Jakarta Convention Center, Rabu (1/5/2019). (Foto: ANTARA)

“Peluang pasar fesyen muslim di global maupun domestik masih sangat besar. Untuk itu, harus diisi oleh industri fesyen muslim dari dalam negeri,” tutur Menperin Airlangga Hartarto dalam pidato pembukaan Muslim Fashion Festival (Muffest) 2019 di JCC Jakarta, Rabu (1/4/2019).

“Menyongsong tahun 2020 yang hanya tinggal beberapa bulan lagi, kita harus segera mendeklarasikan bahwa Indonesia siap menjadi pusat fesyen muslim dunia pada tahun 2020. Kemenperin siap mengawal untuk mewujudkannya,” lanjut dia.

Kali ini, MUFFEST 2019 mengangkat tema tren forecasting 2019: Singularity, di mana ide busana dituangkan dengan berbagai modis seperti sporty, feminin, syar’i, glamor hingga kasual. Acara dimulai dengan peragaan busana karya siswa/i SMK NU Banat serta para desainer kenamaan Tanah Air, seperti Ivan Gunawan, Irma Intan, Barli Asmara, Mel Ahyar, Restu Anggraini dan sejumlah desainer ternama lainnya.


Model mengenakan busana rancangan Silfia Nabila pada pembukaan Muslim Fashion Festival (MUFFEST) 2019 . (Foto: ANTARA)

Presiden Indonesian Fashion Chamber (IFC) Ali Charisma mengapresiasi seluruh hasil karya dari tangan dingin desainer pemula maupun profesional dalam memamerkan busana muslim ready to wear dengan keunikan masing-masing.

“Busana muslim di Indonesia sangat bervariasi. Baik para siswa SMK maupun desainer profesional menampilkan karya luar biasa. Kami berharap brand lokal bisa semakin maju dan bersaing dengan brand internasional,” tutur Ali Charisma.


Grand Launching MUFFEST 2019 oleh sejumlah desainer tersohor Indonesia. (Foto: muslimfashionfestival.com)