Connect with us

pemilu 2019

Ketua KPU Medan Buka Rapat Pleno Rekapitulasi, Akui ada Kendala

Published

on

Medan Geosiar.com – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan Agussyah Damanik mengaku mengalami kendala untuk percepatan rekapitulasi penghitungan suara hasil Pemilu 2019. Kendala itu dikarenakan terlambatnya perhitungan suara di Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Namun kata Agussyah, kendala itu tidak sampai mempengaruhi pleno akhir pada 7 Mei 2019.

“Untuk saat ini saja, dari 21 Kecamatan di kota Medan baru 2 kecamatan yang sudah selesai melakukan rekapitulasi. Itu pun ke 2 Kecamatan tersebut, kotak DA 1 Itu masih diperjalanan menuju tempat ini. Maka perhitungan suara kita undurkan mulai pukul 19.00 Wib nanti dan tetap kita mengefektifkan waktu,” ujar Agussyah saat memberikan sambutan pada pembukaan acara rapat Pleno di Hotel Ina Darma Deli Medan, Kamis sore (2/5/2019).

Sebagaimana diketahui jadwal sebelumnya seyogianya perhitungan rekapitulasi KPU kota Medan dimulai Pukul 15.00 wib. Hal itu terpaksa diundur hingga pukul 19 karena keterlambatan di Kecamatan.

Dikatakan Agussyah, pihaknya akan melakukan penghitungan suara secara berangsur angsur menunggu selesainya dari PPK. “Mudah mudaha pihak PPK dapat menyelesaikan jadwal sesuai yang ditentukan pada 4 Mei mendatang. Jadi , dari Kecamatan mana yang duluan siap itu kita kerjakan,” terang Agussyah.

Ditambahkan Agussyah, ke 2 Kecamatan yang telah selesai rekapitulasi yakni Kecamatan Medan Kota dan Kecamatan Medan Baru.

Menurut pengamatan wartawan, acara rekapitulasi tampak ekstra ketat dan dikawal puluhan personil Kepolisian. Sedangkan utusan pihak Partai Politik hanya bisa di wakili 2 orang.

Hadir Wali Kota Medan yang diwakiki Suleman, Dandim 02/01 BS Medan. Danlanud Suwondo, Kapolresta Medan, Kapolres Belawan, mewakilu PN Medan, mewakili Kejari Belawan, saksi Partai Politik, Bawaslu, pengurus partai Politik. (lamru)