Connect with us

Lifestyle

Simpel, Ini Alasan Kenapa Telur Cocok Dijadikan Menu Santap Sahur

Published

on

Ilustrasi olahan telur

Geosiar.com, Lifestyle – Sejak dulu telur merupakan superfood yang dinilai memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh. Selain relatif murah, telur punya sumber protein yang sebanding dengan daging sapi atau daging ayam. Sehingga, sangat dianjurkan untuk menjadikan telur sebagai menu santap sahur.

Agar tubuh tetap cukup mendapat asupan nutrisi, banyak ahli gizi menganjurkan konsumsi telur dalam sarapan. Berikut ini merupakan 5 alasan mengapa telur cocok dijadikan menu santap sahur, Simak yuk!

Tinggi nutrisi

Alasan pertama kenapa kamu harus sering makan telur saat sahur yakni karena telur telah diketahui mengandung nutrisi yang lengkap. Bahkan sudah banyak penelitian membuktikan, salah satunya dari National Health & Medical Research Council Australia, bahwa tidak ada risiko terkait makan telur.

Ahli gizi Kris Gunnars dalam Authority Nutrition mengatakan bahwa nutrisi telur sangat luar biasa. Dalam sebutir telur terdapat Vitamin A,D,E,K,B2,B5,B6,B12, asam folat, fosfor, selenium, seng, kalsium dan zinc, protein, asam lemak omega-3,

Makanan sempurna untuk ajari anak berpuasa

Penelitian yang diterbitkan pada Jurnal Pediatrics menunjukkan bahwa memberi anak makan satu butir telur per hari selama enam bulan mampu menjaga diet sehatnya sehingga dapat membantu menjaga berat badan dan tinggi badan ideal, bahkan mencegah stunting. Telur bisa jadi menu makanan sehat untuk mengajarkan anak berpuasa.

Membantu menjaga berat badan

Menjaga berat badan saat sedang berpuasa memang tidaklah mudah. Meski sudah berpuasa seharian, tapi ketika kamu berbuka puasa dan sahur, biasanya apa yang ada di atas meja ingin segera kamu santap. Namun, telur selalu memberi efek memuaskan dan mengenyangkan sehingga mencegah diri tidak ngemil sembarangan selama buka puasa. Perlu kamu ketahui kalau kandungan asam amino dalam telur bisa membuat berat badan kamu tetap terjaga.

Telur mengandung 77 kalori dan 6 gram protein dan 5 g lemak sehat. Tak ada bahan makanan lain yang punya kandungan nutrisi selengkap telur.

Membuat Kenyang Lebih Lama

Ini merupakan alasan yang paling penting mengapa telur harus jadi menu sahur. Menjaga perut tetap kenyang dalam waktu lama bukanlah perkara mudah. Puasa pasti akan menguras tenaga, dan setiap orang dewasa dengan kegiatan yang padat pasti tak ingin perutnya cepat lapar selama puasa. Akan tetapi, telur dapat mengatasi persoalan itu dengan kandungan serat-nya yang tinggi.

Makanan terbaik buat wanita hamil

Bagi wanita hamil yang masih menjalankan puasa, telur adalah makanan terbaik yang bisa dikonsumsi karena memiliki kandungan kolin, protein, dan vitamin D tinggi yang dibutuhkan untuk perkembangan janin sehat.

Nah, itu beberapa manfaat dari telur yang dapat dijadikan makanan sehat saat menjalankan ibadah puasa. Jadi jangan ragu lagi ya untuk menyantap olahan telur saat sahur nanti!