Connect with us

Sumut

Jelang Ramadhan, Pemko Medan Resmikan Pasar Murah di 21 Kecamatan

Published

on

Walikota Medan Tengku Dzulmi Eldin

Geosiar.com, Medan – Pemerintah Kota (Pemko) Medan meresmikan pasar murah di 151 titik yang tersebar dalam 21 Kecamatan di Kota Medan. Pasar dadakan tersebut akan memenuhi kebutuhan pokok masyarakat selama budan Ramadhan dengan harga beli yang relatif lebih murah dibanding dengan harga pasaran biasa. Pasar ini akan beroperasi pada tanggal 30 April 2019 sampai 29 Mei 2019 mendatang. Jam operasional pasar dibuka mulai pukul 07.00 WIB sampai pukul 18.00 WIB.

Pasar murah tersebut diresmikan langsung oleh Wali Kota Medan, Tengku Dzulmi Eldin di lapangan Politeknik Teknologi Kimia Industri (PTKI) Medan, Jalan Menteng Kecamatan Medan Denai.

“Hari ini kita membuka pasar murah di 21 kecamatan. Kita berharap pasar murah memberikan dampak untuk membantu masyarakat kurang mampu berbelanja dengan harga terjangkau. Kita harapkan juga sebagai stimulus pemerintah kepada masyarakat dalam rangka menghadapai Ramadhan dengan tenang dan senang serta menghadapai hari raya Idul Fitri nantinya,” kata Wali Kota Medan Tengku Dzulmi Eldin kepada awak media usai meresmikan Pasar Murah, Selasa (30/4/2019).

Wali Kota Eldin mengatakan harga kebutuhan pokok telah disubsidi sebesar 30 persen dari harga pasar normal. Untuk itu, dia mengimbau masyarakat tidak perlu khawatir akan ketersediaan bahan pokok tersebut selama bulan Ramadhan.

“Untuk harga kebutuhan di pasar murah ini kita subsidi 30 persen dari harga pasar dan mulai hari ini masyarakat sudah bisa belanja di pasar murah kita. Gak perlu belanja banyak untuk stok kita masih cukup 3 bulan ke depan” tandas dia.

H Damikrot selaku Kepala Dinas Perdagangan Kota Medan menyampaikan bahwa gagasan pembentukan pasar murah itu merupakan bentuk dalam mengantisipasi inflasi harga yang biasanya semakin merangkak naik menjelang hari besar keagamaan.

“Pasar murah ini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Kota Medan yang mana pasar ini disubsidi oleh Pemko Medan rata-rata 30% per komoditi dan ada 19 komoditi, Selain itu, pasar ini untuk mengantisipasi inflasi harga” terang H Damikrot usai peresmian Pasar Murah.

Dalam kesempatan itu, seorang warga Medan Denai mengaku bahwa harga yang ditawarkan pasar tersebut masih cenderung mahal. ”Kurang murah kalau bisa turunkan sedikit lagi, di Indomaret kalau lagi promo bisa lebih murah dari itu,” tutur Porman Lusiana.

”Kurang turun harganya kalau hanya beda Rp 2 ribu sampai Rp 3 ribu buat apala kami kemari buat capek aja. Murahkan la lagi , pasar murah inikan katanya untuk orang kurang mampu. Harga yang diberikan Pemko Medan itu kurang murah,” tegas warga lain.

Setelah dilakukan pengecekan harga, adapun harga yang ditawarkan di Pasar Murah tersebut adalah Beras jenis IR-64 Rp 11 ribu/kg menjadi Rp 8400/kg, gula pasir Rp 12 ribu/kg menjadi Rp 9300/kg, telur Rp 1350/butir menjadi Rp 1005/butir, minyak Fortune Rp 13500/kg menjadi Rp 10 ribu/kg, Xenia 14 ribu/kg menjadi 10500/kg, sirup pohon pinang dari Rp 19800/botol menjadi Rp19 ribu/botol, sirup Kurnia Rp 17800/botol menjadi Rp 16600/botol, Blue Band 200 gram Rp7.000/sachet menjadi Rp5.550/sachet.

Sumut

Ibu Iriana Jokowi Tiba di Kualanamu Gunakan Jalur Umum

Published

on

Ibu Negara Iriana Jokowi tiba di Kualanamu International Airport dengan menggunakan jalur kedatangan umum di terminal domestik. (Waspada.id)

Geosiar.com, Medan – Ibu Negara Republik Indonesia Iriana Joko Widodo (Jokowi), mendarat di Kualanamu International Airport (KNIA), dengan pesawat Batik Air pada Rabu (22/10/2020) sekitar pukul 10.00 WIB.

Menurut pantauan, saat tiba di Bandara Kualanamu, Iriana menggunakan jalur umum dari terminal kedatangan domestik. Tidak terlihat pengawalan istimewa, cuma didampingi oleh beberapa petugas dari Paspampres mengawal dari terminal kedatangan domestik hingga ke parkiran mobil penjemputan yang sudah standby di depan Railink Kualanamu.

Setibanya Ibu Iriana di KNIA terpantau santai atau tidak begitu mengundang perhatian penumpang. Dirinya mengenakan kemeja batik kecoklatan tanpa menutup kepala dan di tangannya menenteng tas tenteng warna hitam.

Hanya beberapa orang yang tampak ada di KNIA mengenalnya. Dan berbisik-bisik menandakan mereka tak parcaya bahwa yang lewat merupakan ibu negara.

“Tak percaya bahwa yang barusan lewat ibu negara Iriana Jokowi karena penampilanya sederhana dan datangnya dari terminal penumpang umum,” ungkap salah satu pengguna jasa bandara.

Dikutip dari analisadaily, kedatangan Iriana guna menjenguk cucu di kota Medan.

Continue Reading

Sumut

Sekeluarga Jadi Korban Pembacokan di Langkat, Pelaku Sedang Diburu

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Medan – Satu keluarga di Kecamatan Stabat, Langkat, Sumatera Utara (Sumut) dilaporkan jadi korban pembacokan. Korban mengalami luka di sejumlah bagian tubuhnya. Saat ini polisi tengah memburu pelakunya.

Peristiwa tersebut terjadi di rumah korban di Kelurahan Sidomulyo, Kabupaten Langkat, Sumut, pada Selasa (21/1/2020) malam.

Adapun korban yang merupakan satu keluarga, bernama Eliawati (42), beserta anaknya Adona (28) dan cucunya Adinda (7). Mereka dibacok hingga terluka di bagian kepala, tangan dan sekitar dada. Pelaku diduga kenal dengan korbannya tersebut.

Kasat Reskrim Polres Langkat AKP Teuku Fathir Mustafa membenarkan peristiwa tersebut. Kini petugas sedang fokus mengejar pelaku yang sudah dikantongi identitasnya.

“Iya, ada 3 korban penganiayaan. Pelakunya sedang dalam pengejaran kami,” kata Kasat AKP Teuku Fathir.

Fathir melaporkan, korban langsung dilarikan ke RS setempat guna mendapat perawatan intensif.

“Untuk kondisi korban, Alhamdulillah sehat. Saat ini sedang dalam perawatan di rumah sakit atas luka yang dialaminya,” tutur Fathir.

Mengenai motif pelaku melakukan aksi tersebut. Termasuk, apakah antara pelaku dan korban saling kenal, polisi masih enggan memberikan keterangan secara detail.

“Nanti setelah pelaku diangkap kita sampaikan. Kita masih fokus ke pengejaran pelaku,” ungkap Fathir.

Continue Reading

Sumut

Mantan Gubsu Tengku Erry Silaturahmi dengan Kodam I/BB

Published

on

Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI MS Fadhilah memberikan cendra mata kepada mantan Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi (Antara)

Geosiar.com, Medan – Mantan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi membangun tali silaturahim dengan Keluarga Besar Kodam I Bukit Barisan.

Kedatangan Tengku Erry (adik almarhum Mayjen TNI (Purn) Tengku Rizal Nurdin yang sempat juga menjabat Pangdam I/BB tahun 1997-1998 dan Gubernur Sumut, disambut oleh Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadhilah dan didampingi
Kasdam I/BB Brigjen TNI Untung Budiharto, di Makodam I/BB, Medan, Selasa (22/1/2020).

Tengku Erry mengatakan bahwa kunjungannya tidak lain untuk membangun tali silaturahim dengan Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadhilah beserta para PJU Kodam I/BB lainnya.

Selain bersilaturahim dan saling bertukar informasi, kunjungan Tengku Erry juga dibawa Pangdam I/BB untuk berkeliling di Makodam I/BB, yakni melihat Museum Letjen TNI (Purn) Djamin Ginting, ruangan fitnes AE Kawilarang dan kemudian foto bersama di Tugu Jenderal Besar Soedirman.

Sebelum meninggalkan Makodam I/BB yang berlokasi di Jalan Medan-Binjai itu, Tengku Erry menerima souvenir dari Pangdam Mayjen TNI MS Fadhilah. Yaitu figura dan foto bersama di depan Tugu Jenderal Besar Soedirman.

Dalam kunjungan ke Mokodam I/BB, Tengku Erry kelihatan tampak senang dan bahagia atas penyambutan yang amat ramah dari Pangdam I/BB beserta rombongan.

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com