Connect with us

Olahraga

Tembus Final Kejuaraan Asia 2019, Kevin: Tadi Kami Lagi Hoki

Published

on

Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon menjadi satu-satunya wakil Indonesia di semifinal ganda putra Kejuaraan Asia. (Dok. Humas PBSI)

Geosiar.com, Olahraga – Pasangan ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, berhasil lolos ke final Kejuaraan Asia 2019 usai mengalahkan tim Jepang Takeshi Kamura/Keigo Sonod di Wuhan Sports Center, China, Sabtu (27/4/2019).

The minions berhasil memenangkan 3 set pertandingan dengan waktu 51 menit, masing-masing dengan skor 15-21, 21-17, dan 21-15.

Pada gim pertama, Kamura/Sonoda berhasil mendapatkan empat poin pertama dengan mudah sehingga mengubah kedudukan menjadi 4-0.

Pasangan peringkat tiga dunia itu dinilai bermain cukup baik pada menit-menit pertama pertandingan, membuat pasangan Indonesia harus berlapang dada tertinggal jauh 1-8. Marcus/Kevin sering melakukan kesalahan sehingga tertinggal 6 poin sampai jeda interval gim pertama berbunyi.

Menyadari ketertinggalan, Kevin/Marcus mengubah permainan dan melakukan perbaikan. Akhirnya, satu per satu poin dapat dikantongi ganda putra nomor satu dunia itu menjadi 10-12.

Namun, peningkatan performa keduanya disadari oleh lawan. Kamura/Sonoda tetap berupaya mempertahankan tempo permainan cepat. Hingga akhirnya, Kevin/Marcus pun kalah 15-21 pada gim pertama yang berlangsung selama 12 menit.

Pada gim kedua, Marcus/Kevin berhasil menyamakan kedudukan poin 1-1 dengan pasangan Jepang. Namun, tim Jepang mampu mencatat keunggulan dengan skor 7-4.

Permainan reli panjang sempat terjadi dalam perebutan angka ke-20 dalam gim kedua setelah sebelumnya kedua pasang pemain terus mengimbangi perolehan skor 8-8, 9-9, hingga 10-10.

Setelah bertukar lapangan, perolehan poin Kevin/Marcus kembali menanjak dengan 15-10. Marcus/Kevin mampu mempertahankan keunggulannya dengan mencatat angka 18-13.

Smash keras dan akurat dari Kevin menandai berakhirnya gim kedua dengan kemenangan 21-17. Kemenangan The Minions mengharuskan dihelatnya gim ketiga.

Pada gim penentuan itu, sempat terjadi aksi protes yang dilakukan Kamura dan pelatih Jepang karena kok yang dipukul Kamura terlihat menyetuh badan Marcus dan keluar. Namun, wasit menilai bola tidak mengenai badan dan satu poin menjadi milik Marcus/Kevin 8-6.

“Di gim ketiga, permainan masih ramai terus dan tadi kami hoki juga karena sebenarnya memang fault, kena badan koh Sinyo [Marcus], tapi wasit tidak bisa mengubah keputusan,” kata Kevin dilansir dari PBSI.

Aksi protes tersebut nampaknya memengaruhi permainan ganda Jepang, performa mereka semakin menurun. Ini merupakan keuntungan bagi Marcus/Kevin. Mereka terus menggempur pertahanan lawannya itu. Hingga akhirnya, The minions berhasil memenangkan set ketiga sekaligus memenangkan pertandingan semi final dengan skor 21-15.

Kemenangan ini lantas membawa ganda putra Indonesia ke babak final. Mereka akan melawan pasangan yang memenangkan pertandingan antara Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe dan Kang Min-hyuk/Kim Won-ho. Final akan berlangsung pada Minggu (28/4/2019).