Connect with us

Dunia

Kim Jong-un dan Vladimir Putin Gelar Pertemuan Tertutup di Vladivostok

Published

on

Presiden Rusia Vladimir Putin dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un berfoto sebelum melanjutkan pertemuan di Vladivostok, Kamis (25/4/2019)

Geosiar.com, Vladivostok – Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un dijadwalkan menggelar pertemuan tertutup dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin di Kota Vladivostok, Kamis (25/4/2019).

Dilansir dari Reuters, pertemuan keduanya digelar secara tertutup pada sebuah pulau di lepas pantai kota Pasifik Rusia, Vladivostok. Pertemuan itu dirancang untuk menunjukkan bahwa Washington, Amerika Serikat bukanlah satu-satunya kekuatan yang dapat mengatur program nuklir Pyongyang.

Pada pertemuan pertama, keduanya saling melemparkan senyum lebar sambil berjabatan tangan. Terlihat mereka mengobrol santai ketika menaiki eskalator dengan bantuan penerjemah.

Sebelum melakukan pembicaraan dengan Kim, Putin sempat menyapa awak media. Putin berharap kunjungan Kim itu dapat memperkuat hubungan diplomatik atar kedua negara. Selain itu, mereka juga akan membicarakan soal perkembangan perdamaian di Semenanjung Korea.

“Kita berharap pertemuan ini dapat membantu kita lebih memahami dengan cara apa kita bisa mencapai penyelesaian di semenanjung Korea, apa yang bisa kita lakukan bersama, apa yang bisa Rusia lakukan untuk mendukung progres positif yang sekarang sedang berlangsung.” kata Putin kepada awak media.

Lebih lanjut, Putin mengatakan akan membantu dalam perkembangan dialog antar Korea (Korea Utara-Korea Selatan) dan menormalkan kembali hubungan dengan Amerika Serikat.

“Saya menerima segala upaya Korea Utara dalam normalisasi hubungan Amerika Serikat-Korea Utara,” kata Putin.

Selain itu, dalam pertemuan tersebut akan membicarakan peluang dagang antara Rusia dengan Korut.

Sementara, Kim Jong-Un yang tiba di Vladivostok sehari sebelumnya, mengatakan bahwa pertemuan itu akan membantu memperkuat dan mengembangkan hubungan antara Rusia dan Korea Utara, yang memiliki sejarah persahabatan yang panjang.

“Karena perhatian dunia terfokus pada Semenanjung Korea, akan ada dialog yang sangat berarti bagi kita untuk bersama-sama menilai kebijakan semenanjung Korea dan berbagi, mengoordinasikan dan mempelajari pandangan kita,” ujar Kim.

Putin terlihat antusias dalam menyambut pimpinan Korea Utara tersebut. Hal ini diyakini oleh media Reuters yang mengatakan pemimpin Rusia itu tiba di tempat pertemuan sekitar setengah jam sebelum Kim muncul.