Connect with us

Sumut

Walikota Medan: “Mari Kita Jaga Kota Medan Tetap Kondusif”

Published

on

Medan, Geosiar.com – Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk menjaga kekondusifan Kota Medan, terlebih pasca Pemilu 2019. Diharapkan, semua pihak  berperan serta dan berkontribusi mencipatakan suasan aman dan damai di Kota Medan.

Ajakan ini disampaikan Wali Kota ketika menghadiri acara Deklarasi Bersama Jaga Pemilu 2019 Aman dan Damai di Regale International Convention Center, Jalan H Adam Malik Medan, Senin (22/4/2019).

’Butuh komitmen semua pihak untuk terus berusaha menjaga seluruh rangkaian Pemilu 2019 agar tetap aman dan damai. Untuk itu kepada seluruh pihak agar menjauhi segala kecurangan yang bisa memancing timbulnya beragam bentuk perselisihan sehingga berakibat pada perpecahan di tengah-tengah masyarakat,’’ kata Wali Kota.

Disampaikan Wali Kota, Pemilu 2019 merupakan salah satu momen krusial dalam perjalanan bangsa untuk memilih pemimpin yang mampu membawa Indonesia menjadi bangsa yang kian disegani di dunia. Meskipun KPU belum mengumumkan hasil real count, Wali Kota meminta agar para pendukung calon yang ikut dalam kontestasi pemilu dapat menahan diri untuk tidak berbuat dan melakukan hal-hal yang berpotensi menimbulkan kerusuhan.

‘’Pemilu serentak 2019 ini menjadi sorotan pihak asing sebagai salah satu pemilu paling kompleks dan besar yang berlangsung dengan aman dan damai. Oleh karenanya, jangan sampai kita merusak dan mencederai anggapan tersebut. Hal ini semata demi citra baik bangsa Indonesia, khususnya Kota Medan,’’ harapnya di hadapan Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dadang Hartanto, Dandim 0201/BS Kolonel Inf Yuda Rismansyah serta  Kapolres Belawan AKBP Ikhwan Lubis yang turut hadir dalam acara tersebut.

Selanjutnya Wali Kota menekankan agar jangan sampai persatuan dan kesatuan khususnya di Kota Medan menjadi terpecah belah hanya karena berbeda pilihan politik. ‘’Siapapun nantinya yang terpilih memimpin negara ini, haruslah kita hormati. Sebab, mereka semua adalah putra terbaik bangsa. Mari sama-sama kita jaga persatuan dan kesatuan. Bersama kita kuat, bersama kita hebat demi Medan Rumah Kita yang kita cintai ini,’’ pungkasnya.

Sebelumnya, Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dadang Hartanto mengatakan, acara yang digelar jajaran Polrestabes Medan ini bertujuan untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk ikut serta menjaga Pemilu 2019 agar tetap berjalan aman dan damai. Karenanya diperlukan kerjasama dan sinergitas serta komitmen agar kekondusifan wilayah Kota Medan tetap terjaga.

’Kegiatan ini kita gelar bertujuan untuk sama-sama menjaga Pemilu 2019 yang prosesnya masih berlangsung agar tetap aman dan damai. Kami (TNI/Polri) membutuhkan dukungan dari semua pihak untuk ikut berkontribusi menciptakan kondisi yang tetap terkendali demi kenyamanan kita bersama,’’ ujar Kapolrestabes. (lamru)

Advertisement

Sumut

Tabrak Betor yang Terparkir di Tebing Tinggi, Renaldi Tewas

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Tebing Tinggi – Kecelakaan lalu lintas terjadi antara sepeda motor (septor) kontra becak bermotor (betor) BK 6125 NF yang sedang terparkir, Minggu (21/7/2019) sekira pukul 00.30 WIB, di Jalan Yos Sudarso tepatnya didepan SMUN 2 Kel Rantau Laban, Kecamatan Rambutan Kota Tebing Tinggi yang mengakibatkan 1 orang pengedara meninggal dunia.

Kasat Lantas Polres Tebingtinggi, AKP Enda Iwan Iskandar SH, melalui Kanit Laka Lantas, Aiptu K Napitupulu saat dikonfirmasi awak media membenarkan adanya kecelakaan antara septor Kawasaki Ninja tanpa TNKB kontra Betor Suzuki Thunder BK 6125 NF yang sedang terparkir.

Identitas pengendara Kawasaki Ninja tanpa TNKB atas nama Renaldi (20), warga Desa Tanjung kubah l, kecamatan air putih, kabupaten Batubara mengalami luka berat dibagian kepala dan hingga akhirnya meninggal dunia.

Kronologis kejadian lanjut Kanit, bermul saat septor sedang melaju dengan kecepatan tinggi dari arah Medan menuju Tebing Tinggi. Sampai di TKP, septor tidak berkonsentrasi hibgga membentur bagian belakang betor yang sedang terparkir di badan jalan.

“Akibat insiden tersebut kerugian material untuk sementara diperkirakan sekitar Rp 500.000 dan sebagai barang bukti 1 unit Betor Suzuki Thunder BK 6125 NF Saat ini diamankan di Mako Unit laka lantas polres tebing tinggi,” tambahnya.

Continue Reading

Sumut

Sengketa Pileg 2019, Caleg PKB Datangi Kantor Bawaslu Sergai

Published

on

Caleg PKB, Suarjo bersama tim kuasa hukumnya menyerahkan amar putusan PN Sergai kepada Bawaslu Sergai soal sengketa Pemilu 2019. (Foto: Geosiar.com)

Geosiar.com, Sergai – Seorang calon legislatif (caleg) dari Partai PKB Serdang Bedagai (Sergai), Suarjo bersama tim kuasa hukumnya mendatangi kantor Bawaslu Sergai untuk menyerahkan salinan amar putusan Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Sergai menyoal sengketa pemilihan umum (Pemilu) 2019, Sabtu (20/7/2019) sore, di Sei Rampah.

Suarjo didampingi kedua kuasa hukumnya menyerahkan salinan amar putusan Majelis Hakim PN Sergai Nomor 317/Pid.Sus/2019/PN.SRh terkait sengketa Pemilu 2019.

Kuasa Hukum Suarjo, Syaiful dan Awaluddin secara bergantian menjelaskan, dalam putusan tersebut, terdakwa Muhammad Zaid terbukti melakukan perubahan data DAA1 di 34 TPS yang ada pada 3 Desa, yaitu Silau Rakyat, Simpang Empat dan Sei Rampah), sehingga mengakibatkan suara Caleg PKB nomor urut 5, Sarino bertambah.

“Dampak perbuatan terdakwa, Majelis Hakim berpendapat bahwa fungsi kontrol yang dimiliki KPU Sergai untuk memastikan pemilu berasaskan langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil belum terpenuhi. Dan untuk itu KPU Sergai patut melakukan suatu tindakan untuk mengembalikan kepada keadaan sebenarnya,” kata Syaiful.

Selain itu, pada 1 Mei 2019, terdakwa dengan Ketua PPK Maris Santoso beserta anggota PPK lainnya telah memberikan keterangan kepada KPU Sergai, telah dicatat dalam inventarisasi masalah bahwa telah terjadi perpindahan suara dari salah satu calon kepada calon lainnya.

“Tetapi fakta di persidangan, KPU Sergai tidak melakukan tindakan untuk menyelesaikan masalah tersebut atau melakukan tindakan menyampaikan kepada publik saat rekapitulasi tingkat kabupaten,” imbuhnya.

KPU, tegas Syaiful, memiliki kewajiban untuk menyampaikan seluruh informasi penyelenggaran pemilu kepada masyarakat. Selain itu, bertugas mengkoordinasi, menyelenggarakan, mengendalikan dan memantau semua tahapan pemilu, namun Syaiful menilai hal tersebut tidak terlaksana di lapangan.

“Tapi kenyatannya banyak yang melenceng,” papar Syaiful.

Dengan demikian, Syaiful mengklaim bahwa kliennya menjadi korban dugaan manipulasi yang terstruktur, sistematis dan masif (TSM). Oleh karena itu, dia berharap pihak Bawaslu Sergai bisa menindak lanjuti persoalan tersebut. 

“Untuk itu kepada Bawaslu Sergai yang telah menerima petikan amar putusan ini, agar secepatnya meminta KPU untuk menunda pelantikan terhadap Caleg PKB nomor 5, Sarino sampai kasus ini menjadi jelas dan terang,” pungkas kedua kuasa hukum Suarjo itu.

Menanggapi laporan itu, Ketua Bawaslu Sergai, Agusli Matondang didampingi Komisioner Bawaslu, Syamsul Bahri Tambusai, Sumarno, Abner Sinaga, dan L Suhaimi berjanji akan segera berkoordinasi dengan Bawaslu Sumut.

“Malam ini juga dan secepatnya hasil koordinasi kami akan disampaikan kepada Kuasa Hukum dan KPU Sergai,” ucap Agusli.

Selain itu, Agusli mengaku, pihaknya telah memahami duduk persoalan setelah mendapat penjelasan dari kedua kuasa hukum Suarjo. 

“Kalau dilihat dari kondisi yang lalu juga ada benarnya bahwa beberapa masalah terdapat keanehan,” kata Agusli.(art)

Continue Reading

Sumut

Hubungan Medan dan Bosnia Herzegovina Terus Ditingkatkan

Published

on

Medan, Geosiar.com – Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi diwakili Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi berharap hubungan Indonesia, khususnya Kota Medan dengan Bosnia-Herzegovina terus ditingkatkan. Dengan demikian sinergitas yang terbangun dapat memberi manfaat dan kontribusi terbaik bagi kemajuan negara masing-masing dan bermuara pada kesejahteraan masyarakatnya.

Harapan itu disampaikan Wakil Wali Kota dalam acara jamuan makan malam dengan Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Bosnia-Herzegovina Ny Amelia Achmad Yani di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota Medan, Kamis (19/7/2019).  Seluruh jajaran Pemko Medan menyambut baik kedatangan Dubes beserta rombongan lewat jamuan makan malam yang berlangsung dalam suasan penuh keakraban.

‘’Pertama kami mengucapakan selamat datang kepada untuk seluruh rombongan, khususnya Dubes Ny Amelia Achmad Yani di Kota Medan. Kota yang dijuluki sebagai Tanah Deli di mana masyarakatnya hidup berdampingan dalam bingkai kerukunan meski berbeda suku, agama, ras dan antar golongan (SARA). Kami berharap siapapun yang datang berkunjung ke mari merasa nyaman dan senang,’’ kata Wakil Wali Kota.

Dihadapan Dubes yang juga anak dari Pahlawan Revolusi Jenderal Ahmad Yani tersebut, Wakil Wali Kota selanjutnya menyampaikan secara singkat gambaran mengenai Kota Medan yang terdiri dari 21 kecamatan, 151 kelurahan, 2001 lingkungan dengan luas wilayah mencapai 265,1 km² serta jumlah penduduk tercatat sebanyak 2,4 jiwa dengan arus komuter lebih 500 ribu.  Menjadikan Kota Medan menjadi kota besar ke tiga di Indonesia.

‘’Kota Medan menjadi kota yang memiliki kedudukan, fungsi dan peranan strategis sebagai pintu gerbang utama jasa perdagangan dan keuangan. Oleh karenanya, percepatan pembangunan Kota Medan difokuskan pada bidang jasa, industri, perdagangan dan pendidikan. Hal tersebut didukung dari pembangunan infrastruktur baik yang sudah maupun tengah dilakukan Pemko Medan,’’ ungkapnya.

Sementara itu Dubes Indonesia untuk Bosnia-Herzegovina  Ny Amelia Achmad Yani menyampaikan rasa terima kasih kepada Pemko Medan atas sambutan dan jamuan makan malam yang diberikan tersebut. Senada dengan Wakil Wali Kota, Amelia pun berharap agar hubungan Kota Medan dengan Bosnia-Herzegovina dapat terus terjalin baik dan dipererat lagi melalui hubungan sister city.

‘’Semoga pertemuan dan silaturahmi malam ini dapat terus terjalin dan terjaga dengan baik serta membawa manfaat yang luar biasa bagi kemajuan negara dan daerah masing-masing,’’ harap Amelia. (lamru)

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com