Connect with us

Ekonomi

Jokowi Minta Kementerian dan Lembaga Kurangi Belanja Barang Sebanyak-banyaknya

Published

on

Presiden Jokowi saat memimpin rapat kabinet paripurna di Istana Kepresidenan, Bogor (Kompas.com)

Geosiar.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo biasa disapa Jokowi meminta kepada kementerian dan lembaga agar memperbanyak belanja modal dan mengurangi belanja barang.

Perintah tersebut disampaikan Presiden Jokowi ketika memimpin rapat kabinet paripurna di Istana Kepresidenan, Bogor, pada Selasa (23/4/2019) pagi.

“Kemarin juga sudah kita sampaikan bahwa belanja modal agar diperkuat, agar ditingkatkan. Semua kementerian harus bisa memaksa organisasinya agar penyerapan anggaran betul-betul bisa direalisasikan,” ungkap Jokowi.

Jokowi menambahkan, dalam konteks belanja modal di level provinsi, kabupaten dan kota, masih ada kecenderungan berkutat pada infrastruktur.

Oleh sebab itu, mantan gubernur DKI Jakarta ini ingin adanya penambahan anggaran di Kementerian PUPR, supaya infrastruktur dasar seperti air bersih, sanitasi, dan jalan arteri dapat diwujudkan.

Jokowi juga meminta untuk mengurangi belanja barang sebanyak mungkin. Dia meminta kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani untuk melihat dokumen APBN tahun-tahun sebelumnya dan memilih mana yang cocok untuk memangkas belanja barang.