Connect with us

Politik

Tidak Terdaftar di DPT? Ini Cara Mencoblos dengan KTP

Published

on

Ilustrasi Daftar Pemilih Tetap (DPT)

Geosiar.com, Jabar – Warga yang tidak masuk redaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, tidak usah khawatir tidak bisa memilih selama memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Akan tetapi, ada langkah tertentu jika ingin memilih menggunakan KTP sebagai syarat mencoblos di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat, Rifqi Ali Mubarok mengatakan mengatakan, warga yang namanya tidak terdata di DPT bisa menggunakan KTP jika sebelumnya telah mengurus sejumlah persyaratan.

Dikutip dari Kumparan, hal Pertama yang harus dilakukan yaitu, mengurus Daftar Pemilih Khusus (DPK) dengan cara datang langsung ke KPU Kabupaten/Kota setempat.

Selajutnya, untuk bisa masuk ke DPK, warga tersebut harus beralamat sesuai KTP atau domisili.

Artinya, warga tidak bisa menggunakan KTP sebagai syarat mencoblos di luar domisilinya, kecuali jika warga tersebut sudah mengurus pindah TPS dan mendapatkan formulir C5.

Bagi warga yang telah mengurus persyaratan untuk masuk DPK dan memakai KTP sebagai syarat mendaftar pencoblosan, akan diberi kesempatan mencoblos mulai pukul 12.00. Sedangkan untuk pagi hingga siangnya dipakai untuk mencoblos oleh warga yang terdaftar di DPT.

“Data yang masuk ke DPK yang akan gunakan hak pilihnya pukul 12 dengan gunakan KTP, dan yang bersangkutan di tempat asal domisilinya, tidak bisa digunakan di daerah di luar domisilinya,” jelas Rifqi Ali Mubarok.

Ali mengingatkan agar warga yang telah mengurus persyaratan DPK agar tidak khawatir tidak bisa menggunakan hak pilihnya.

“Tidak masuk DPT jangan khawatir selama punya KTP Elektronik,” kata Ali.