Connect with us

Sumut

KPU Simalungun Siapkan 13 TPS Khusus di Lapas

Published

on

Komisioner KPU Simalungun, Salman Abror (kanan), Kadis Dukcapil Simalungun, Jhon Rismantuah Damanik (kiri) dan Kalapas Narkotika Kelas II A Pematangsiantar, Alex Putra (Antarasumut)

Geosiar.com, Simalungun – Sebanyak 13 dari 2.646 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Simalungun untuk Pemilihan Umum (pemilu) 17 April mendatang, berada di dua Lembaga Pemasyarakatan (Lapas).

Komisioner KPU Divisi Data, Salman Abror mengatakan bahwa terdapat 10 di Lapas Kelas II A Pematangsiantar serta tiga di Lapas Narkotika Kelas II A Pematangsiantar.

Kedua lembaga pembinaan itu menjadi bagian dari tugas pihaknya, karena keberadaannya di Kecamatan Siantar dan Raya yang merupakan wilayah Kabupaten Simalungun.

Pengadaan TPS tersebut dan pelaksanaan pemilihan sama dengan yang lainnya, hanya tempatnya saja yang berbeda, bahwa lokasinya tidak berada di zona umum.

Berdasarkan informasi yang didapat, tidak semua warga binaan menggunakan hak suaranya untuk lima pilihan (Capres, DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota), karena masuk kedalam kategori pemilih pengguna A5 atau pindah memilih.

“Tidak semua napi penduduk setempat, mereka berada dari berbagai daerah,” ungkapnya.

Tak hanya di kawasan khusus, terdapat juga tujuh TPS di empat kecamatan, Girsang Sipangan Bolon, Pamatang Sidamanik, Haranggaol Horison dan Pamatang Silimahuta yang lokasinya melalui perairan.

Sementara mengenai pendistribusian logistik di kecamatan yang berada di kawasan Danau Toba itu, pihaknya akan menggunakan sampan dan kapal motor.