Connect with us

Politik

Ir Sahat Simbolon Dorong Pemko Medan Tambah Anggaran Bedah Rumah

Published

on

Medan, Geosiar.com – Anggota DPRD Medan Ir Sahat Sitompul dorong Pemko Medan untuk kembali mengalokasikan penambahan biaya bedah rumah bagi warga kurang mampu di Medan. Penambahan anggaran itu supaya dipastikan dialokasikan di Perubahan APBD 2019 nanti.

Adapun alasan Sahat untuk penambahan anggaran itu, karena saat ini masih banyak warga miskin di Medan menempati rumah tidak layak huni. Tentu, rehap perbaikan rumah sangat dibutuhkan.

Hal itu disampaikan Ir Sahat Simbolon selaku politisi Geeindra itu cara sosialisasi ke IX Tahun 2019 Perda Kota Medan No Perda No 5 Tahun 2015 tentang Penanggulangan Kemiskinan di Jalan Pahlawan Gg Bunga Kelurahan Pahlawan Kecamatan Medan Tembung, Jumat (12/4/2019). Pelaksanaan sosialisasi dihadiri tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan ratusan masyarakat.

Ditambahkan Sahat, bukan hanya rehab rumah saja, Pemko Medan juga harus mengenali warganya yang benar benar miskin. Tentu, melalui perangkat Kepling diharapkan dapat mendata seluruh warganya. “Itu sangat perlu, Kepling wajib mengenali warganya dari sisi pekerjaan, aktifitas dan kondisi keluarganya,” ujar Sahat.

Seiring dengan itu, Kepling harus mampu bersosialisasi kepada warganya. Dan jangan pilih kasih saat melayani warga. Perda Penanggulangan Kemiskinan diharapkan dapat diterapkan dengan benar, sehingga kesejahteraan masyarakat Medan dapat lebih meningkat.

Seperti diketahui, Sahat Simbolon mensosialisasikan Perda Kota Medan No 5 Tahun 2015 tentang Penanggulangan Kemiskinan XII BAB dan 29 Pasal.

Pada BAB II Pasal 2 disebutkan tujuan Perda adalah menjamin perlindungan warga miskin secara bertahap dan mempercepat penurunan jumlah warga miskin.

Sedangkan pada BAB IV Pasal 9 yakni setiap warga miskin mempunyai hak atas kebutuhan pangan, pelayanan kesehatan, pelayanan pendidikan, pekerjaan dan berusaha, modal usaha, perumahan, air bersih dan sanitasi yang baik, mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat, rasa aman dari ancaman tindak kekerasan dan berpatisipasi dalam kehidupan sosial dan politik. 

Sama halnya Pasal 10 dikuatkan untuk pemenuhan hak sebagaimana Pasal 9 dibiayai dan bersumber dari APBD. Untuk merealisasikan pelaksanaan program penanggulangan kemiskinan, Pemko wajib menyisihkan minimal 10 persen dari Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Dalam percepatan penuntasan kemiskinan Pemko dapat menggalang partisipasi masyarakat dalam dunia usaha, lembaga pemerintah dan kemasyarakatan. (lamru)

Advertisement

Politik

Iswanda Ramli Terima Kunker DPRD dari Beberapa Daerah

Published

on

Medan, Geosiar.com – Wakil Ketua DPRD Medan Iswanda Ramli (Nanda) menerima kunjungan kerja (kunker) anggota DPRD Medan dari sejumlah daerah. Seperti DPRD Padang Panjang, Sumatera Barat, DPRK Lhokseumawe, Nanggroe Aceh Darussalam (NAD), DPRD Palembang, Sumatera Selatan dan DPRD Nias di gedung dewan, Rabu (17/7/2019).

Selain Iswanda Ramli, kunker para legislator itu diterima anggota DPRD Medan, Kuat Surbakti didampingi Kabag Persidangan, Alida. Adapun kunker tersebut untuk memelajari tentang LPj dan KUA-PPAS.

Pada kesempatan tersebut, Iswanda Ramli menjelaskan tahapan pembahsan LPj dan kebetulan.saat ini sedang berlangsung. Iswanda juga mengucapkan terima kasih atas kunjungan itu. Ia berharap kunker ini bisa saling menambah wawasan antar legislator.

“Kami berharap silaturahmi yang telah terjalin ini bisa semakin erat. Kunjungan ini juga sarana bagi kita untuk berdiskusi,” kata politisi Golkar tersebut.

Sebelumnya, Alida mengungkapkan DPRD Medan saat ini masih membahas LPj. Sedangkan pembahasan KUA-PPAS sudah jadwalkan di Banmus.

Kegiatan ini diakhiri dengan saling bertukar cenderamata dan foto bersama. (lamru).

Continue Reading

Pilpres 2019

Bertemu Menlu Singapura, Jokowi Raih Ucapan Selamat Menang Pilpres

Published

on

Presiden Jokowi Menerima Kunjungan Menlu Singapura

Geosiar.com, Bogor – Presiden terpilih periode 2019-2024, Joko Widodo atau bertemu dengan Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakhrisnan di Istana Bogor. Dalam pertemuan tersebut, Menlu Vivian mengucapankan selamat kepada Jokowi yang berhasil memenangi Pilpres 2019.

Didampingi oleh Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno, pertemuan ini digelar secara tertutup di ruang kerja Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (17/7/2019).

Setelah pertemuan, Retno mengatakan di awal pembicaraan Vivian menyampaikan ucapan terima kasih karena sudah bersedia bertemu. Tak lupa Vivian juga menyampaikan selamat kepada Jokowi.

“Menlu Singapura menyampaikan sekali lagi ucapan selamat kepada presiden atas hasil pemilu dan proses pemilu yang sudah berjalan dan sudah ditetapkan oleh MK,” ungkap Retno.

Retno menambahkan, Vivian juga memuji kepemimpinan di Indonesia. Sebagai negara tetangga, Singapura menghargai kepemimpinan Jokowi.

“Menlu Singapura menyampaikan ‘Indonesia shall be congratulated’ dan mereka juga sangat menghargai leadership Indonesia,” ungkapnya.

Pertemuan itu juga membahas soal rencana pertemuan bilateral antara Presiden Jokowi dengan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong. Pertemuan itu dijadwalkan akan dilakukan tahun 2019 ini.

Continue Reading

Pilpres 2019

JK Beri Potongan Tumpeng ke Ma’ruf Amin: Seperti Serah Terima Jabatan

Published

on

Acara halalbihalal Dewan Masjid Indonesia (DMI)

Geosiar.com, Jakarta – Wakil Presiden (wapres) RI, Jusuf Kalla (JK) memperkenalkan KH Ma’ruf Amin sebagai penggantinya di depan peserta acara halalbihalal Dewan Masjid Indonesia (DMI). Seperti diketahui, saat ini Ma’ruf menjadi Wapres RI terpilih periode 2019-2024.

“Yang saya hormati KH Ma’ruf Amin, Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), dan juga terpilih sebagai pengganti saya nanti,” ujar JK di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Rabu (17/7/2019).

Kemudian JK berbicara soal mulianya tugas DMI untuk mengurus masjid. Apalagi jumlah masjid di Tanah Air sangat banyak, yakni 800 ribu-an atau hampir satu juta. Dirinya selaku Ketua Umum DMI mengimbau kepada jajarannya agar melaksanakan tugas sebaik-baiknya karena ini adalah ibadah.

“Jadi urusan kita bukan urusan sedikit, bukan urusan remeh-temeh. Maka kita harus benar-benar melaksanakan amal ibadah,” kata JK.

“Bukan mempercantik masjid, tapi meningkatkan ibadah fardlu dengan memperbaiki masjid, sound system, meningkatkan mutu da’i, itulah cara kita beramal,” tambahnya.

Kalla kembali bercana kepada Ma’ruf mengenai statusnya sebagai Wapres RI Terpilih. Mulanya, JK bersama Ma’ruf membuka acara halalbihalal DMI melalui pemukulan bedug dan pemotongan tumpeng.

Saat memberikan potongan tumpeng kepada Ma’ruf, JK mengatakan acara itu bagaikan pra serah terima jabatan Wapres RI. Sontak peserta acara tertawa sambil bertepuk tangan.

“Jadi ini seperti pra-serah terima,” canda JK.

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com