Connect with us

BMKG

Gempa Bumi Magnitudo 4,5 Guncang Waingapu NTT

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, NTT – Gempa bumi mengguncang Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT). Pusat gempa
bermagnitudo 4,5 ini ada di laut pada kedalaman 112 km.

Berdasarkan informasi yang didapat dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa terjadi pada hari ini, Senin (15/4/2019) pukul 13.49 WIB.

Lokasi gempa ada di koordinat 9,31 lintang selatan (LS) dan 120,64 bujur timur (BT) atau 57 km arah timur laut Waingapu.

Gempa dirasakan dalam skala III-IV MMI yang artinya getaran nyata dirasakan di dalam dan luar rumah serta menyebabkan jendela atau pintu berderik. Namun belum ada laporan lebih lanjut soal dampak gempa.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BMKG

Gempa Bumi 4,3 SR Guncang Sorong, Tidak Berpotensi Tsunami

Published

on

Ilustrasi Gempa

Geosiar.com, Sorong – Gempa Bumi 4,3 pada skala Richter melanda Sorong, Papua Barat pada hari Selasa, sekitar pukul 14.15 WIT. Gempa ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Menurut data yang diperoleh dari Stasiun Geofisika BMKG Sorong, gempa bumi tersebut berlokasi pada 0.56 derajad Lintang Selatan dan 131.33 derajad Bujur Timur berjarak 35 km timur laut Sorong dengan kedalaman 62 km.

Bila ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa ini merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat tumbukan lempeng.

Gempa bumi tersebut diakui dapat dirasakan di wilayah Sorong. Terutama warga yang sedang berada di bangunan bertingkat dapat merasakan getaran gempa Bumi.

Hingga saat ini belum dilaporkan kerusakan yang timbul akibat gempa Bumi yang terjadi di daerah itu.

Continue Reading

BMKG

Gempa Magnitudo 5,2 Guncang Pulau Morotai Maluku Utara

Published

on

Ilustrasi Gempa Bumi

Geosiar.com, Maluku – Desa Daruba, Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara (Malut) dilanda gempa bumi bermagnitudo 5,2.

Berdasarkan informasi yang didapat dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam situs resminya mengatakan bahwa gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami.

“Tidak berpotensi tsunami,” tulis BMKG, Rabu (24/4/2019).

Gempa terjadi pada pukul 09.17 WIB. Gempa berada di 31 km arah barat lau Daruba, Malut dengan koordinat 2.29 LU – 128.15 BT. Kedalaman gempa 100 km.

Belum ditemukan laporan lebih lanjut tentang dampak gempa. Belum diketahui juga ada atau tidaknya korban akibat gempa ini.

Continue Reading

BMKG

Gempa Mangnitudo 5 Guncang Banggai

Published

on

Geosiar.com, Banggai – Gempa bermagnitudo 5,0 berguncang di perairan dekat Kabupaten Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah, Sabtu, (20/4/2019), pukul 07:55 WIB.

BMKG menyatakan pusat gempa berada di 1,91 Lintang Selatan dan 122,54 Bujur Timur. Pusat gempa di kedalaman 10 km dengan jarak 86 km barat daya Banggai.

Gempa ini tidak berpotensi menyebabkan tsunami. Akan tetapi getarannya dirasakan dalam skala III MMI (lemah) di Luwuk dan Morowali (II dan III).

Pada Jumat (12/4/2019) lalu, di Banggai terjadi gempa dengan magnitudo 6,9 terjadi. B

BMKG sempat menyatakan gempa berpotensi tsunami, akan tetapi sejam kemudian BMKG menyatakan bahwa tidak berpotensi tsunami.

Setelah itu terjadi sejumlah gempa susulan dengan magnitudo di bawah 5.

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com