Connect with us

Politik

Iswanda Ramli Minta Maksimalkan Penerapan dan Sosialisasi Perda No 1/2016

Published

on

Medan, Geosiar.com – Wakil Ketua DPRD Medan Iswanda Ramli SE dorong Pemko Medan lebih gencar mensosialisasikan Perda Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3). Sehingga masyarakat dan pihak pengusaha dipastikan mengetahui dan tidak terjadi lagi pelanggaran hukum terhadap Perda.

Pemko Medan juga dituntut memaksimalkan pengawasan penerapan Perda No 1 Tahun 2016 agar terwujud pembangunan berwawasan lingkungan dan melindungi kesehatan generasi sekarang dan mendatang.

Penekanan itu disampaikan Iswanda Ramli SE (Golkar) saat menggelar acara sosialisasi ke VIII Tahun 2019 Perda Kota Medan No 1 Tahun 2016 tentang Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (Limbah B3) di Jl B.Katamso Gang Perbatasan lingkungan 21, Kelurahan Kampung Baru, Medan, Sabtu (13/4/2019). Hadir saat acara sosialisasi Lurah Kampung Baru Muslim, Lurah Hamdan, para Kepling, tokoh agama dan ratusan masyarakat.

Ditambahkan Ramli, pelaku usaha dan masyarakat harus dipastikan terlebih dahulu mengetahui isi Perda. Dimana disebutkan Limbah B3 adalah usaha penyimpanan, pengumpulan, pemanfaatan, pengolahan dan penimbunan yang dapat merusak lingkungan sehingga merusak kesehatan.

Untuk itu, Pemko Medan diwajibkan terlebih dahulu memberi tahu dan mengawasi dengan maksimal lalu menindak bila terjadi pelanggaran. “Kita sangat mendukung Perda ini diterapkan dengan benar,” ujar Iswanda Ramli.

Selain itu, Nanda panggilan akrab Iswanda Ramli mendesak agar Dinas Lingkungan Hidup Kota Medan dapat mengkaji ulang izin perusahaan yang membuang limbahnya sembarangan. Bahkan, bila ada perusahaan yang membuang limbah ke sungai dan ke laut supaya di tindak tehas. Karena, hal tersebut dapat berdampak populasi ikan dan tangkapan ikan para nelayan yang akan dikonsumsi.

“Untuk itu, setiap perusahaan atau industri yang menghasilkan limbah B3 wajib menyediakan prasarana dan sarana pengolah limbah,”tegasnya seraya menambahkan supaya diberi sanksi penegakan hukum dengan ketentuan Undang-Undang RI No 32 Tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

Dalam kesempatan ini Nanda berharap bagi masyarakat supaya melaporkan siapa saja baik itu perusahaan maupun oknum yang kedapatan membuang limbah ke sungai sehingga mencemari lingkungan. “Sebab bagi pelaku perusakan lingkungan hidup diancam pidana 1 tahun penjara dan denda minimal Rp1 miliar, ” ujarnya. (lamru)

Advertisement

Politik

Iswanda Ramli Terima Kunker DPRD dari Beberapa Daerah

Published

on

Medan, Geosiar.com – Wakil Ketua DPRD Medan Iswanda Ramli (Nanda) menerima kunjungan kerja (kunker) anggota DPRD Medan dari sejumlah daerah. Seperti DPRD Padang Panjang, Sumatera Barat, DPRK Lhokseumawe, Nanggroe Aceh Darussalam (NAD), DPRD Palembang, Sumatera Selatan dan DPRD Nias di gedung dewan, Rabu (17/7/2019).

Selain Iswanda Ramli, kunker para legislator itu diterima anggota DPRD Medan, Kuat Surbakti didampingi Kabag Persidangan, Alida. Adapun kunker tersebut untuk memelajari tentang LPj dan KUA-PPAS.

Pada kesempatan tersebut, Iswanda Ramli menjelaskan tahapan pembahsan LPj dan kebetulan.saat ini sedang berlangsung. Iswanda juga mengucapkan terima kasih atas kunjungan itu. Ia berharap kunker ini bisa saling menambah wawasan antar legislator.

“Kami berharap silaturahmi yang telah terjalin ini bisa semakin erat. Kunjungan ini juga sarana bagi kita untuk berdiskusi,” kata politisi Golkar tersebut.

Sebelumnya, Alida mengungkapkan DPRD Medan saat ini masih membahas LPj. Sedangkan pembahasan KUA-PPAS sudah jadwalkan di Banmus.

Kegiatan ini diakhiri dengan saling bertukar cenderamata dan foto bersama. (lamru).

Continue Reading

Pilpres 2019

Bertemu Menlu Singapura, Jokowi Raih Ucapan Selamat Menang Pilpres

Published

on

Presiden Jokowi Menerima Kunjungan Menlu Singapura

Geosiar.com, Bogor – Presiden terpilih periode 2019-2024, Joko Widodo atau bertemu dengan Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakhrisnan di Istana Bogor. Dalam pertemuan tersebut, Menlu Vivian mengucapankan selamat kepada Jokowi yang berhasil memenangi Pilpres 2019.

Didampingi oleh Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno, pertemuan ini digelar secara tertutup di ruang kerja Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (17/7/2019).

Setelah pertemuan, Retno mengatakan di awal pembicaraan Vivian menyampaikan ucapan terima kasih karena sudah bersedia bertemu. Tak lupa Vivian juga menyampaikan selamat kepada Jokowi.

“Menlu Singapura menyampaikan sekali lagi ucapan selamat kepada presiden atas hasil pemilu dan proses pemilu yang sudah berjalan dan sudah ditetapkan oleh MK,” ungkap Retno.

Retno menambahkan, Vivian juga memuji kepemimpinan di Indonesia. Sebagai negara tetangga, Singapura menghargai kepemimpinan Jokowi.

“Menlu Singapura menyampaikan ‘Indonesia shall be congratulated’ dan mereka juga sangat menghargai leadership Indonesia,” ungkapnya.

Pertemuan itu juga membahas soal rencana pertemuan bilateral antara Presiden Jokowi dengan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong. Pertemuan itu dijadwalkan akan dilakukan tahun 2019 ini.

Continue Reading

Pilpres 2019

JK Beri Potongan Tumpeng ke Ma’ruf Amin: Seperti Serah Terima Jabatan

Published

on

Acara halalbihalal Dewan Masjid Indonesia (DMI)

Geosiar.com, Jakarta – Wakil Presiden (wapres) RI, Jusuf Kalla (JK) memperkenalkan KH Ma’ruf Amin sebagai penggantinya di depan peserta acara halalbihalal Dewan Masjid Indonesia (DMI). Seperti diketahui, saat ini Ma’ruf menjadi Wapres RI terpilih periode 2019-2024.

“Yang saya hormati KH Ma’ruf Amin, Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), dan juga terpilih sebagai pengganti saya nanti,” ujar JK di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Rabu (17/7/2019).

Kemudian JK berbicara soal mulianya tugas DMI untuk mengurus masjid. Apalagi jumlah masjid di Tanah Air sangat banyak, yakni 800 ribu-an atau hampir satu juta. Dirinya selaku Ketua Umum DMI mengimbau kepada jajarannya agar melaksanakan tugas sebaik-baiknya karena ini adalah ibadah.

“Jadi urusan kita bukan urusan sedikit, bukan urusan remeh-temeh. Maka kita harus benar-benar melaksanakan amal ibadah,” kata JK.

“Bukan mempercantik masjid, tapi meningkatkan ibadah fardlu dengan memperbaiki masjid, sound system, meningkatkan mutu da’i, itulah cara kita beramal,” tambahnya.

Kalla kembali bercana kepada Ma’ruf mengenai statusnya sebagai Wapres RI Terpilih. Mulanya, JK bersama Ma’ruf membuka acara halalbihalal DMI melalui pemukulan bedug dan pemotongan tumpeng.

Saat memberikan potongan tumpeng kepada Ma’ruf, JK mengatakan acara itu bagaikan pra serah terima jabatan Wapres RI. Sontak peserta acara tertawa sambil bertepuk tangan.

“Jadi ini seperti pra-serah terima,” canda JK.

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com