Connect with us

Politik

Ihwan Ritonga Ingatkan ASN Pemko Medan Netral di Pilpres

Published

on

Medan, Geosiar.com – Kepada seluruh Apara Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI serta Polri diingatkan harus netral dan tidak terlibat politik praktis. Untuk itu, agar tetap menjaga netralitas dalam pemilihan Presiden (Pilpres) pada Pemilu 17 April ini.

Himbauan itu disampaikan Wakil Ketua DPRD Medan, H Ihwan Ritonga SE melalui wartawan, Sabtu (13/4/2019) menyikapi dugaan adanya petinggi di Pemko Medan yang menginstruksikan para kepala dinas, camat, lurah dan kepling untuk memenangkan calon presiden tertentu.

“Hal itu tidak dibenarkan karena dalam aturan KPU, Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI serta Polri harus netral dan tidak terlibat politik praktis.Kita himbau seluruh pemangku kebijakan di Kota Medan agar menjaga netralitas,” ujar Ihwan Ritonga selaku politisi Gerindra itu.

Dikatakan Ihwan, jabatan yang diamanatkan Allah Subhanahu Wata’ala sifatnya hanya sementara, bukan kekal selamanya. Jadi, apa yang telah diamanatkan tersebut harus dimanfaatkan untuk kemaslahatan umat, bukan kepentingan sesaat.

“Pemilu itu jujur dan adil, sesuai tagline yang sering digaungkan KPU. Maka dari itu, mari kita junjung kebebasan masyarakat untuk memilih dan jadikan Pilpres dan Pemilu ini sebagai ajang menentukan siapa orang yang tepat untuk diberi amanat oleh rakyat. Jangan jadikan jabatan atau kekuasaan sebagai alat untuk menekan bawahan, apalagi masyarakat,” ujarnya.

Lebih lanjut Ihwan mengatakan, dugaan banyaknya tekanan terhadap kepala dinas, camat dan lurah bahkan sampai kepling supaya memilih sesuai dengan arahan Pemko Medan sudah mencederai ke-netralitasan aparatur negara.

“Sudahin ajalah itu, rakyat kita pintar-pintar kok. Masyarakat Kota Medan tidak bodoh. Biarkan masyarakat memilih pemimpinnya sesuai kehendak hatinya. Buat pejabat Pemko Medan sadarlah, jabatan itu tidak abadi selamanya, jangan lah ikut berpolitik. Biarkan rakyat yang memilih dengan bebas, jangan ada ancam mengancam. Tugas pejabat adalah melindungi dan mengayomi rakyatnya. Dengan cara apapun kebusukan dan sistem kecurangan itu lama kelamaan akan terbongkar juga,” tukasnya.

Dalam keterangan akhirnya Ihwan menegaskan, siapapun yang terpilih nanti menjadi Presiden dan Wakil Presiden priode 2019-2024, dia adalah putra terbaik bangsa Indonesia. Sejatinya, sebagai masyarakat harus mendukung seluruh program-program yang telah disampaikan saat berkampanye.

“Minggu tenang sudah semakin dekat. Marilah sama-sama kita patuhi aturan yang sudah ditetapkan KPU. Jangan ada lagi (pejabat di Pemko Medan) pengarahan massa untuk memilih calon tertentu. Berikan hak penuh kepada masyarakat untuk menentukan siapa yang pantas dan tidak pantas memimpin negara ini,” harapnya.

Pemilu sudah di depan mata dan besok sudah memasuki minggu tenang. Mari sambut pesta rakyat 17 April 2019 mendatang dengan suka cita tanpa adanya campur tangan dari pihak-pihak yang menginginkan perpecahan. Kenali dan pilihlah pemimpin serta wakil kita untuk duduk di senayan, tingkat provinsi dan kabupaten/kota melalui ide-ide dan gagasan yang akan membawa negara ini pada konsep keadilan dan kemakmuran.(lamru)

Advertisement

Politik

Iswanda Ramli Terima Kunker DPRD dari Beberapa Daerah

Published

on

Medan, Geosiar.com – Wakil Ketua DPRD Medan Iswanda Ramli (Nanda) menerima kunjungan kerja (kunker) anggota DPRD Medan dari sejumlah daerah. Seperti DPRD Padang Panjang, Sumatera Barat, DPRK Lhokseumawe, Nanggroe Aceh Darussalam (NAD), DPRD Palembang, Sumatera Selatan dan DPRD Nias di gedung dewan, Rabu (17/7/2019).

Selain Iswanda Ramli, kunker para legislator itu diterima anggota DPRD Medan, Kuat Surbakti didampingi Kabag Persidangan, Alida. Adapun kunker tersebut untuk memelajari tentang LPj dan KUA-PPAS.

Pada kesempatan tersebut, Iswanda Ramli menjelaskan tahapan pembahsan LPj dan kebetulan.saat ini sedang berlangsung. Iswanda juga mengucapkan terima kasih atas kunjungan itu. Ia berharap kunker ini bisa saling menambah wawasan antar legislator.

“Kami berharap silaturahmi yang telah terjalin ini bisa semakin erat. Kunjungan ini juga sarana bagi kita untuk berdiskusi,” kata politisi Golkar tersebut.

Sebelumnya, Alida mengungkapkan DPRD Medan saat ini masih membahas LPj. Sedangkan pembahasan KUA-PPAS sudah jadwalkan di Banmus.

Kegiatan ini diakhiri dengan saling bertukar cenderamata dan foto bersama. (lamru).

Continue Reading

Pilpres 2019

Bertemu Menlu Singapura, Jokowi Raih Ucapan Selamat Menang Pilpres

Published

on

Presiden Jokowi Menerima Kunjungan Menlu Singapura

Geosiar.com, Bogor – Presiden terpilih periode 2019-2024, Joko Widodo atau bertemu dengan Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakhrisnan di Istana Bogor. Dalam pertemuan tersebut, Menlu Vivian mengucapankan selamat kepada Jokowi yang berhasil memenangi Pilpres 2019.

Didampingi oleh Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno, pertemuan ini digelar secara tertutup di ruang kerja Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (17/7/2019).

Setelah pertemuan, Retno mengatakan di awal pembicaraan Vivian menyampaikan ucapan terima kasih karena sudah bersedia bertemu. Tak lupa Vivian juga menyampaikan selamat kepada Jokowi.

“Menlu Singapura menyampaikan sekali lagi ucapan selamat kepada presiden atas hasil pemilu dan proses pemilu yang sudah berjalan dan sudah ditetapkan oleh MK,” ungkap Retno.

Retno menambahkan, Vivian juga memuji kepemimpinan di Indonesia. Sebagai negara tetangga, Singapura menghargai kepemimpinan Jokowi.

“Menlu Singapura menyampaikan ‘Indonesia shall be congratulated’ dan mereka juga sangat menghargai leadership Indonesia,” ungkapnya.

Pertemuan itu juga membahas soal rencana pertemuan bilateral antara Presiden Jokowi dengan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong. Pertemuan itu dijadwalkan akan dilakukan tahun 2019 ini.

Continue Reading

Pilpres 2019

JK Beri Potongan Tumpeng ke Ma’ruf Amin: Seperti Serah Terima Jabatan

Published

on

Acara halalbihalal Dewan Masjid Indonesia (DMI)

Geosiar.com, Jakarta – Wakil Presiden (wapres) RI, Jusuf Kalla (JK) memperkenalkan KH Ma’ruf Amin sebagai penggantinya di depan peserta acara halalbihalal Dewan Masjid Indonesia (DMI). Seperti diketahui, saat ini Ma’ruf menjadi Wapres RI terpilih periode 2019-2024.

“Yang saya hormati KH Ma’ruf Amin, Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), dan juga terpilih sebagai pengganti saya nanti,” ujar JK di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Rabu (17/7/2019).

Kemudian JK berbicara soal mulianya tugas DMI untuk mengurus masjid. Apalagi jumlah masjid di Tanah Air sangat banyak, yakni 800 ribu-an atau hampir satu juta. Dirinya selaku Ketua Umum DMI mengimbau kepada jajarannya agar melaksanakan tugas sebaik-baiknya karena ini adalah ibadah.

“Jadi urusan kita bukan urusan sedikit, bukan urusan remeh-temeh. Maka kita harus benar-benar melaksanakan amal ibadah,” kata JK.

“Bukan mempercantik masjid, tapi meningkatkan ibadah fardlu dengan memperbaiki masjid, sound system, meningkatkan mutu da’i, itulah cara kita beramal,” tambahnya.

Kalla kembali bercana kepada Ma’ruf mengenai statusnya sebagai Wapres RI Terpilih. Mulanya, JK bersama Ma’ruf membuka acara halalbihalal DMI melalui pemukulan bedug dan pemotongan tumpeng.

Saat memberikan potongan tumpeng kepada Ma’ruf, JK mengatakan acara itu bagaikan pra serah terima jabatan Wapres RI. Sontak peserta acara tertawa sambil bertepuk tangan.

“Jadi ini seperti pra-serah terima,” canda JK.

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com