Connect with us

Nasional

JPU Hadirkan Jubir BPN di Sidang Lanjutan Ratna Sarumpaet, Rocky-Tompi Kembali Mangkir

Published

on

Geosiar.com, Jakarta – Ratna Sarumpaet kembali menjalani sidang lanjutan perkara penyebaran kabar bohong atau hoaks hari ini, Kamis (11/4/2019) di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Koordinator Jaksa Penuntut Umum (JPU) Daroe Tri Sadono mengatakan, rencananya akan memanggil empat orang saksi, di mana salah seorang diantaranya merupakan juru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Dahnil Anzar Simanjuntak.

“Rencananya yang akan diperiksa Dahnil Anzar, Deden, Chairullah, serta Harjono,” tutur kata Koordinator JPU Daroe, di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jl Ampera Raya, Kamis (11/4/2019).

Daroe menyebut, seharusnya seorang saksi dari keempat saksi hari ini, sudah memberikan kesaksian pada sidang sebelumnya, Selasa (9/4/2019).

“Iya yang seharusnya diperiksa Selasa kemarin, berhalangan baru bisa hadir hari ini.” jelas Daroe.

Selain itu, Tim JPU akan memanggil Rocky Gerung dan penyanyi Tompi sebagai saksi di sidang Ratna Sarumpaet sidang lanjutan. Sebenarnya, menurut Daroe, Rocky Gerung dan Tompi sudah pernah dipanggil menjadi saksi dua kali, namun keduanya belum dapat hadir di persidangan.

“Kita mintakan karena kan yang bersangkutan sudah 2 kali kita panggil, tapi yang bersangkutan belum bisa memenuhi, belum bersedia hadir. Makanya kita tadi mintakan kepada majelis hakim untuk membuat penetapan pemanggilan paksa dan ternyata majelis hakim memberikan kesempatan untuk kita panggil sekali lagi,” tambahnya.

Atas kasus ini, Ratna Sarumpaet didakwa melanggar Pasal 14 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana atau dakwaan kedua Pasal 28 Ayat (2) juncto 45A Ayat (2) UU 19/2016 tentang Perubahan atas UU 11/2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.