Connect with us

Lifestyle

Jangan Dibiasakan, Ini 4 Dampak Buruk Sering Gendong Ransel Berat

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Lifestyle – Setiap bepergian apalagi pergi jauh kita sering menggunakan ransel yang berisi barang-barang berat. Tapi tahukah Anda, jika terlalu sering membawa ransel yang berat bisa mengganggu kesehatan.

Dikutip dari Nbcnews, Kamis (11/4/2019), terdapat empat dampak jika sering membawa ransel berat setiap harinya.

Mengubah postur tubuh

Membawa tas yang beratnya lebih dari 4 kilogram ternyata berdampak bagi bentuk tubuh. Menggunakan tas berat perlahan-lahan bisa mengubah postur tubuh, efek jangka panjang dari beban berat yang sering dibawa membuat punggung sedikit demi sedikit menjadi bungkuk atau disebut Kyphosis.

Kyphosis merupakan kelainan di lengkungan tulang belakang yang dapat membuat punggung bagian atas terlihat membulat atau bengkok tidak normal. Setiap orang memiliki tulang belakang yang melengkung, pada kisaran 25 sampai 45 derajat. Akan tetapi pada penderita kifosis, kelengkungan tulang belakang bisa mencapai 50 derajat atau lebih. Kondisi tersebut membuat orang menjadi bungkuk.

Tak hanya itu, membawa ransel dengan beban berat juga membuat kelainan pada tulang lainnya seperti Skoliosis.

Skoliosis adalah kondisi melengkungnya tulang belakang ke samping secara tidak normal. Membawa tas dengan beban berat dan menentengnya hanya dengan satu lengan menjadi pemicu skoliosis terjadi. Gejala skoliosis dapat dilihat dari perubahan penampilan dada, pinggul, atau bahu.

Sementara jika terjadi gejala-gejalanya seperti, salah satu pinggul tampak menonjol, tubuh condong ke kiri atau ke kanan, salah satu bahu lebih tinggi, sampai panjang kaki tidak seimbang. Kelainan tersebut berbahaya terutama bagi anak anak. Jadi sebaiknya kurangilah beban kamu ketika menggunakan tas ransel.

Kepala pusing

Keseringan membawa tas ransel berat dapat menyebabkan sakit kepala. Hal tersebut terjadi karena otot-otot tubuh dipaksa membawa berat ransel yang kamu bawa setiap hari. Jika otot-otot sekitar leher dan bahu menjadi pegal maka ini bisa menyebabkan rasa sakit hingga membuat kepala pusing.

Otot bahu menjadi tegang dan kaku

Otot bahu adalah bagian tubuh yang paling terdampak akibat dari membawa ransel berat. Bila terlalu sering membawa tas yang berisi beban berat maka otot bahu akan menjadi tegang dan kaku.

Gangguan keseimbangan

Dampak lainnya saat sering membawa tas ransel berat adalah tubuh kamu akan mengalami gangguan keseimbangan. Membawa tas ransel berat akan merusak saraf dan tulang kamu, terutama tulang belakang yang berfungsi langsung untuk menahan berat beban.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lifestyle

Berikut Daftar Manfaat Rebusan Biji Alpukat untuk Kesehatan

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Lifestyle – Buah alpukat mengandung asam lemak yang baik untuk tubuh. Bukan hanya daging buahnya saja, biji alpukat ternyata juga dapat dibuat ramuan dengan cara direbus dan diambil manfaatnya.

Oleh karenanya, jika Anda membeli buah alpukat, bijinya jangan dibuang karena memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan.

Seperti dikutip dari NDTV, Rabu (24/4/2019), cara membuat rebusan biji alpukat sangat gampang. Ambil alpukat dan pisahkan buah serta bijinya. Setelah itu, masukkan ke dalam panci dengan secangkir air. Lalu didihkan selama lebih dari 5 menit.

Setelah biji alpukat lunak, potong-potonglah biji alpukat yang telah direbus tersebut. Dapat juga digiling dengan menggunakan gilingan kopi untuk menghancurkannya.

Selanjutnya, masukan potongan-potongan biji alpukat ke dalam wadah dengan dua gelas air matang dan biarkan direbus kembali selama 7-8 menit. Lalu saring dan minum. Bisa Anda tambahlkan 1 sendok madu agar rasanya lebih teratasi.

Berikut ini kita kan bahas manfaat dari biji alpukat bagi kesehatan tubuh seperti dikutip Fimela.

Turunkan Lemak

Biji alpukat merupakan sumber serat yang membantu meningkatkan rasa kenyang. Jika merasa kenyang, secara alami akan mengurangi makan dan mengurangi berat badan. Biji alpukat juga merupakan sumber kalsium yang baik.

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa kalsium dapat mempercepat penurunan lemak.

Baik Untuk Jantung

Rebusan biji alpukat juga baik untuk mencegah penyakit jantung. Alpukat diisi dengan asam lemak omega-3 yang membuatnya sangat ramah jantung.

Turunkan Kolesterol Jahat

Alpukat kaya akan asam lemak baik untuk meningkatkan kolesterol baik. Sehingga biji alpukat juga efektif dalam memerangi kolesterol jahat.

Cegah Kanker

Kandungan antioksidan dalam alpukat dapat membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas. Kerusakan radikal bebas dapat menghambat sistem kekebalan, dan bahkan dapat membuat usia kulit menua lebih cepat. Beberapa penelitian juga mengaitkan kerusakan radikal bebas memicu kanker. Hasil antioksidan dalam biji alpukat dapat mencegah pertumbuhan tumor.

Rendah Kalori

Rebusan biji alpukat juga merupakan minuman rendah kalori. Minumlah ramuan ini ketimbang soda yang tinggi gula.

Sehatkan Pencernaan

Rebusan alpukat terbukti sangat bermanfaat untuk pencernaan. Jika perut terasa sembelit atau telah mengalami konstipasi selama beberapa waktu, cobalah minuman ini.

Cegah Hipertensi

Selanjutnya rebusan biji alpukat bisa ajaib menjaga tekanan darah tetap terkendali. Sama seperti buahnya, bijinya juga merupakan sumber kalium yang sangat baik. Kalium membantu meniadakan efek buruk natrium dan menstabilkan tekanan darah.

Kaya Vitamin C Untuk Kulit

Punya kandungan vitamin C yang kaya, biji alpukat juga membantu pengelupasan kulit secara alami. Sehingga kulit lebih sehat dan bercahaya alami.

Cegah Radang

Rebusan ini dikemas dengan sifat anti-inflamasi. Tak hanya itu, juga dapat membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan yang disebabkan oleh peradangan.

Continue Reading

Lifestyle

Sagitarius, Zodiak yang Betah Jomblo Lebih Suka Berpetualang Cinta

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Lifestyle – Hidup tanpa cinta bagai taman tak berbunga, seperti lagu. Siapa sih yang bisa hidup tanpa cinta? Tentunya setiap orang pasti membutuhkan pasangan dengan cinta.

Berdasarkan zodiak, ternyata ada orang yang betah menjomblo dalam jangka waktu yang lama. Hal ini karena mereka lebih suka menghabiskan waktunya untuk berpetualang dalam kehidupan percintaannya.

Sosok berzodiak Sagitarius ternyata suka dicintai namun takut untuk berkomitmen. Mereka diakui ‘haus’ akan kebebasan dan petualangan, maka tak semua orang dapat memahami jiwa sagitarius.

Walaupun suka dicintai, zodiak bersimbol pemanah berbadan setengah kuda ini tetap lebih suka menjomblo untuk waktu yang cukup lama.

Sagitarius merasa sulit diajak berkomitmen dan terikat pada satu hubungan saja. Sagitarius adalah sosok yang suka bepergian, mereka merasa tidak cocok menjalani hubungan LDR dengan pasangannya karena hanya akan berujung perpisahan. Itulah mengapa, ia lebih memilih jadi jomblo dibanding harus memikirkan ribetnya punya pasangan.

Orang berzodiak sagitarius menyukai kebebasan. Jadi, bila dirimu berniat menjalin hubungan serius dan jangka panjang dengannya sebaiknya jangan buat mereka merasa terikat. Hal itu akan jadi kunci hubungan yang langgeng dengan si Sagitarius.

Continue Reading

Lifestyle

Sifat Buruk Taurus yang Sudah Melekat, Apa Saja Sih?

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Lifestyle – Tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini, setiap orang pasti memiliki sifat positif dan negatif. Tanpa disadari, sifat-sifat negatif ini sedikit banyak dipengaruhi oleh zodiak mereka. Kali ini kita akan coba mengulas soal sifat negatif dari zodiak Taurus yang diakui sulit dihilangkan. Sifat ini sudah menjadi karakteryang memang melekat pada Taurus.

Terlalu blak-blakan

Sifat ini terkadang membuat Taurus dijauhi orang. Taurus sebenarnya sangat baik dan hanya ingin berkata jujur. Namun, omongannya yang ceplas-ceplos ini kadang melukai hati orang lain.

Taurus tak akan berhenti sebelum mendapat apa yang diinginkan

Inilah sifat negatif selanjutnya yang dimiliki taurus. Ia kurang bisa mengendalikan energinya. Kadang suka terlihat memaksakan kehendak demi apa yang diinginkan. Jika bisa memanfaatkan dengan baik, sifat ini bisa menjadi motivasi atau pemicu untuk mengejar impian. Tapi kadang sifat ini merepotkan orang lain.

Materialistis

Ini adalah sifat yang sangat melekat erat pada Taurus. Mereka sosok yang memiliki sisi materialistis yang kuat. Mereka tampak mendewakan materi dan tidak malu akan hal ini. Sebenarnya, ini adalah ungkapan hati Taurus yang hanya ingin realistis terhadap kehidupan ini.

Gila saat jatuh cinta

Saat sudah jatuh cinta, Taurus akan rela memberikan apapun untuk orang yang dicintainya. Taurus akan kesulitan untuk berpikir jernih ketika tengah jatuh cinta. Mereka kerap dibutakan dengan cinta. Ini kadang merugikan Taurus.

Terburu-buru dan tidak berpikir panjang

Sifat ini kadang merugikan Taurus. Sebenarnya, Taurus ini hanya ingin sesuatu yang praktis dan tidak ribet, tapi pola pikir sederhananya ini kadang membuatnya tampak terburu-buru.

Akan tetapi hal tersebut tidak menutup kemungkinan untuk Taurus biasa berubah menjadi yang lebih baik lagi. Taurus hanya perlu perlahan-lahan menghilangkan seifat buruknya dengan menikmati prosesnya.

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com