Connect with us

BMKG

Gempa Bumi 5,1 SR Kembali Guncang Sabang

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Aceh – Gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,1 Skala Richter (SR) mengguncang Sabang, Aceh. Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa terjadi sekitar pukul 10.50 WIB, Kamis (11/4/2019).

Titik koordinat gempa berada di 7,60 Lintang Utara-94,46 Bujur Timur, 212 km barat laut Kota Sabang, Aceh. Gempa ada di kedalaman 77 km.

Namun belum diketahui ada-tidaknya dampak akibat gempa ini.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BMKG

Gempa M 5 Guncang Aceh Jaya, Tak Berpotensi Tsunami

Published

on

Pusat gempa M=5 di Calang, Aceh Jaya, Aceh, Kamis, 18 April 2019 (BMKG)

Geosiar.com, Aceh – Gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,0 kembali melanda wilayah Aceh dan sekitarnya pada Kamis (18/4/2019).

Gempa yang terjadi pukul 4.16 WIB itu tidak berpotensi tsunami.

Dua Gempa di lokasi tersebut berdekatan di Perairan Sabang, Sabtu dan Minggu

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) di Jakarta menyebutkan, pusat gempa berada di 346 km barat daya Calang, Aceh Jaya, Aceh dengan titik koordinat gempa berada di 3,25 derajad Lintang Utara dan 92,79 derajad Bujur Timur.

Kedalaman pusat gempa ada pada 10 km.

Sampai saat ini belum ada informasi soal dampak akibat gempa tersebut, kerusakan bangunan atau ada atau tidaknya korban.

Continue Reading

BMKG

Gempa Bumi Magnitudo 4,5 Guncang Waingapu NTT

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, NTT – Gempa bumi mengguncang Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT). Pusat gempa
bermagnitudo 4,5 ini ada di laut pada kedalaman 112 km.

Berdasarkan informasi yang didapat dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa terjadi pada hari ini, Senin (15/4/2019) pukul 13.49 WIB.

Lokasi gempa ada di koordinat 9,31 lintang selatan (LS) dan 120,64 bujur timur (BT) atau 57 km arah timur laut Waingapu.

Gempa dirasakan dalam skala III-IV MMI yang artinya getaran nyata dirasakan di dalam dan luar rumah serta menyebabkan jendela atau pintu berderik. Namun belum ada laporan lebih lanjut soal dampak gempa.

Continue Reading

BMKG

BMKG Akhiri Peringatan Tsunami Akibat Gempa Sulteng

Published

on

Ilustrasi Analisis Gempa

Geosiar.com, Jakarta – Rahmat Triyono, selaku Kepala Pusat Gempa dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengakhiri peringatan tsunami yang sebelumnya disampaikan ke masyarakat Sulawesi Tengah.

Rahmat Triyono menjelaskan, dari sejumlah pengamatan muka air laut dengan analisis tide gauge, tidak ada perubahan yang terjadi secara signifikan pascagempa magnitudo 6,9 yang mengguncang perairan Banggai Kepuluan, Sulawesi Tengah.

BMKG memastikan tidak akan terjadi tsunami dan mengimbau warga untuk kembali ke rumahnya masing-masing. Meskipun telah berakhir, Rahmat tetap mengimbau warga mewaspadai gempa susulan meski lebih kecil kekuatannya.

“Peringatan tsunami dinyatakan berakhir, warga bisa diimbau kembali ke rumah masing-masing,” kata Triyono melalui sambungan telepon, Jumat (12/4/2019) malam.

Selain itu, BMKG juga meng-update terkait peringatan tsunami pascagempa pada akun Twitter.

Sebelumnya, gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,9 mengguncang wilayah Baggai Kepulauan, Sulawesi Tengah, Jumat (12/4/2019) sekitar pukul 18.40 WIB dan diprediksi bisa memicu tsunami.

Continue Reading

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com