Connect with us

Nasional

Indonesia Raih Juara 1 Destinasi Wisata Halal Dunia

Published

on

Mastercard-CrescentRating Global Muslim Travel Index 2019

Geosiar.com, Jakarta – Mastercard-CrescentRating Global Muslim Travel Index 2019 kembali menggelar ajang penghargaan untuk sektor pariwisata di Hotel Pullman Thamrin, Jakarta, Selasa (9/4/2019).

Pada ajang ini, Indonesia berhasil meraih peringkat pertama sebagai negara dengan destinasi wisata halal dunia, bersanding dengan Malaysia.

“Tahun ini kami memiliki Indonesia dan Malaysia di spot teratas Global Muslim Travel Index (GMTI),” tutur CEO CrescentRating dan HalalTrip, Fazal Bahardeen.

Fazal Bahardeen mengatakan Indonesia dapat menduduki posisi pertama GMTI karena serangkaian upaya yang telah dilakukan Kementerian Pariwisata, Menpar Arief Yahya dan jajarannya, dalam berinvestasi di industri pariwisata dan perjalanan, serta pengembangan infrastruktur ramah wisatawan muslim.

Penghargaan ini merupakan prestasi pertama kalinya untuk Indonesia setelah lima tahun sejak pertama bergabung dengan GMTI.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya mengatakan kebanggaan dan kebahagiannya setelah Indonesia dinyatakan sebagai yang teratas di pasar wisata halal dunia.

“Puji syukur saya panjatkan pada Allah. Akhirnya Indonesia nomor 1. Lima tahun saya tunggu ini,” tutur Arief Yahya.

Sebelumnya di tahun 2018, Indonesia meraih peringkat kedua dalam destinasi wisata halal. Tahun 2018 lalu ada sekitar 140 juta pelancong muslim dengan spending online hingga 35 miliar USD.

Pasar wisata halal merupakan salah satu sektor pariwisata dengan tingkat pertumbuhan tercepat di seluruh dunia. Prediksi di tahun 2026, kontribusi sektor pariwisata halal diperkirakan melonjak sebesar 35 persen menjadi 300 miliar USD terhadap perekonomian global.